Ketika Bumi Berhenti Berputar, Hal Ini yang Dirasakan Penduduk Dunia

Senin, 25 Oktober 2021 - 06:02 WIB
loading...
Ketika Bumi Berhenti Berputar, Hal Ini yang Dirasakan Penduduk Dunia
Ketika bumi berhenti berputar, maka kita tidak akan pernah jatuh. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Ketika bumi berhenti berputar, maka kita tidak akan pernah jatuh. Dengan air yang ada di kutub, maka kita bisa berjalan melewati khatulistiwa namun hal itu menjadi pemandangan yang mengerikan.

Seperti dilansir dari Unilad dan The Verge, jika dunia benar-benar berhenti maka dengan cepat keadaan akan menjadi tidak ramah.


Sebagian planet akan dihadapkan pada sinar matahari, sementara separuhnya lagi harus berhadapan dengan kondisi yang dingin.

Area senja akan berubah menjadi lebih sempit antara bagian yang panas dan dingin. Namun zona senja ini pun akan merayap perlahan di sekitar planet sebagaimana bumi ini melakukan orbitnya.

Untuk memudahkan dalam bekerja, anggap saja bahwa lautan tidak akan membeku di zona yang dingin begitu pula dengan di zona panas yang tidak akan menguap.

Selama jutaan tahun, hal yang dipaksakan ini membuat bagian planet di tengah menjadi lebih gemuk. Sehingga diameter dari ukuran bumi melewati khatulistiwa mencapai 21,4 km lebih dari ukuran bumi jika diukur melalui kutub.

Namun, jika bumi ini berputar maka secara bertahap lautan akan menuju ke kutub dari khatulistiwa. Awalnya, hanya sedikit wilayah namun kemudian akan mengalami peningkatan.

Dengan berputarnya bumi, maka air yang ada di bumi telah didorong menjauh dari wilayah sampai delapan kilometer.

Itulah kejadian ketika bumi berhenti berputar maka wilayah tersebut akan berada di dalam air. Asia dan Eropa pun mungkin akan berada di dalam air juga.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)