7 Penemuan Arkeologi Paling Misterius, Salah Satunya Ada di Indonesia

Minggu, 31 Oktober 2021 - 16:29 WIB
loading...
7 Penemuan Arkeologi Paling Misterius, Salah Satunya Ada di Indonesia
Beberapa penemuan arkeologi ini membuat dunia terkagum-kagum namun membuat ilmuwan harus berpikir keras memecahkan misteri benda kuno tersebut. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Penemuan arkeologi tak selalu berupa harta karun kuno yang terdapat di makam raja-raja jaman dahulu. Benda purbakala hingga fosil-fosil yang berusia ribuan tahun juga dianggap 'harta karun' bagi arkeolog.

Namun tak melulu penemuan arkeologi ini bisa dipecahkan denga mudah oleh para peneliti. Ada sejumlah penemuan arkeologi yang menjadi misteri hingga kini.

Beberapa penemuan arkeologi ini membuat dunia terkagum-kagum namun membuat ilmuwan harus berpikir keras memecahkan misteri benda kuno tersebut. Berikut 7 penemuan arkeologi paling misterius di Bumi yang dikutip dari Live Science:

1. Makam Qin Shi Huang

7 Penemuan Arkeologi Paling Misterius, Salah Satunya Ada di Indonesia


Pada tahun 1974, para petani di provinsi Shaanxi China secara tidak sengaja menemukan salah satu temuan arkeologis terbesar abad ke-20, yakni tentara Terakota seukuran prajurit asli yang menjaga makam Kaisar Qin Shi Huang (259 SM – 210 SM).



Para sejarawan tahu bahwa tentara tanah liat ini dibuat untuk menjaga kaisar pertama China di akhirat. Apa yang tidak diketahui, bagaimanapun, adalah di mana tepatnya kaisar dimakamkan atau harta apa yang mungkin ada di ruang pemakamannya.

Sebuah makam berbentuk piramida terletak sekitar satu mil ke timur laut tempat tentara terakota ditemukan. Namun, tidak ada yang benar-benar memasuki makam yang menyimpan jenazah Qin Shi Huang.

Berdasarkan dokumen kuno yang dimiliki pemerintah China, tempat peristirahatan terakhir kaisar pertama mereka adalah makam paling mewah yang pernah dibangun di China. Istana itu dibangun di bawah tanah, lengkap dengan "kerajaan" di sekitarnya, makam ini terdiri dari jaringan gua dan bahkan termasuk sistem drainase yang canggih.

Apakah para arkeolog akan memiliki teknologi yang mereka butuhkan untuk menggali makam dengan aman (yang juga mengandung kadar merkuri yang sangat tinggi) tetap menjadi misteri, seperti halnya banyak harta karun yang ada di dalamnya.

2. Piramida

7 Penemuan Arkeologi Paling Misterius, Salah Satunya Ada di Indonesia


Dibangun hampir 5.000 tahun yang lalu di tempat yang sekarang bernama Kairo, kompleks tiga piramida dengan yang terbesar, Khufu, mendominasi situs ini. Piramida ini bukti penghormatan orang Mesir kuno terhadap Firaun mereka dan seluk-beluk kepercayaan mereka pada kehidupan setelah kematian.

Para arkeolog hingga kini masih masih mencari petunjuk tentang siapa yang membangun monumen besar, bagaimana dan mengapa. Sejauh ini arkeolog masih menelusuri terowongan dan lubang baru di dalam piramida.

3. Kematian Raja Tut

7 Penemuan Arkeologi Paling Misterius, Salah Satunya Ada di Indonesia


Makam Raja Tut digali pada tahun 1922 oleh ahli Mesir Mesir Howard Carter, dan kisah-kisah tentang "kutukan firaun" yang membunuh orang-orang yang mendekati makam telah beredar sejak saat itu.

Para arkeolog percaya bahwa raja bocah itu meninggal secara tak terduga, mungkin karena infeksi atau cedera yang diderita dalam kecelakaan kereta. Kematiannya yang terlalu dini dapat membantu menjelaskan kondisi aneh mumi ketika ditemukan.



Raja Tut tampaknya telah terbakar setelah tubuhnya dimumikan dan makamnya disegel. Para ahli yang telah mempelajari mumi percaya bahwa pembungkus linen Raja Tut, yang direndam dalam minyak pembalseman yang mudah terbakar, mungkin telah bereaksi dengan oksigen di udara.

Namun penguburan tergesa-gesa dari tokoh kerajaan ini juga memunculkan misteri lain: Ada kemungkinan bahwa makam Raja Tut awalnya dibangun untuk orang lain, dan mungkin ada mumi lain yang belum ditemukan yang dikubur di makam yang sama.

4. Manusia Kerdil

7 Penemuan Arkeologi Paling Misterius, Salah Satunya Ada di Indonesia


Penemuan fosil mausia kerdil atau hobbit pada 2003 di pulau Flores yang terpencil di Indonesia hingga kini belum terpecahkan oleh para ilmuwan. Tulang belulang hominin purba mungil Homo floresiensis ini dijuluki ilmuwan sebagai "the Hobbit."

Kerangka H.floresiensis pertama yang pernah ditemukan adalah milik wanita dewasa berusia 30 tahun dengan tinggi sekitar 1,06 meter. Pada awalnya, para peneliti percaya tulang kecil itu mungkin milik manusia dengan mikrosefaliakondisi yang ditandai dengan kepala kecil dan perawakan pendek.

Tetapi penemuan-penemuan selanjutnya dari kerangka berukuran sama menunjukkan bahwa Hobbit bukan hanya manusia kecil, itu adalah spesies tersendiri. Namun, tempat pasti H. floresiensis dalam silsilah keluarga hominin masih menjadi misteri.

5. Tabut Perjanjian

7 Penemuan Arkeologi Paling Misterius, Salah Satunya Ada di Indonesia


Menurut kitab kuno, Tabut Perjanjian adalah peti kayu bertatahkan emas yang berisi kitab dari 10 perintah. Pada zaman dahulu, kotak suci ini disimpan di First Temple, tempat ibadah orang Yahudi di Yerusalem.

Tetapi Bait Suci Pertama dihancurkan pada tahun 587 SM oleh tentara Babilonia yang dipimpin oleh Raja Nebukadnezar II. Tidak ada yang tahu pasti apa yang terjadi dengan peti bertahtakan emas itu, meskipun sudah banyak orang yang telah mencarinya.

Beberapa laporan kuno mengatakan bahwa Tabut Perjanjian itu sampai ke Babel setelah Nebukadnezar menjarah kota Yerusalem.

Teori lainnya menyatakan bahwa bahtera itu terkubur di suatu tempat di Yerusalem atau dihancurkan bersama dengan Bait Suci Pertama. Laporan modern mengisyaratkan bahwa bahtera itu berada di sebuah biara di Etiopia.

6. Gulungan Tembaga

7 Penemuan Arkeologi Paling Misterius, Salah Satunya Ada di Indonesia


Inilah satu misteri arkeologi yang belum juga terpecahkan hingga kini. Sebuah gulungan terbuat dari tembaga kuno yang ditemukan di situs Qumran pada tahun 1952 mungkin menggambarkan tempet penyimpanan harta karun berupa emas dan perak.



Gulungan tembaga itu ditemukan di samping Gulungan Laut Mati di tempat yang sekarang menjadi Tepi Barat di wilayah Palestina. Penanggalan di gulungan tembaga itu menunjukan hampir 2.000 tahun lalu ketika Kekaisaran Romawi menguasai pemukiman Qumran.

Para peneliti percaya bahwa gulungan itu mungkin menggambarkan harta karun yang disembunyikan oleh penduduk setempat untuk menjaganya dari tangan pasukan Romawi selama pemberontakan yang sering terjadi di daerah itu terhadap kekaisaran.

7. Antikythera

7 Penemuan Arkeologi Paling Misterius, Salah Satunya Ada di Indonesia


Ditemukan di reruntuhan kapal kargo Yunani yang tenggelam yang berusia setidaknya 2.000 tahun, artefak perunggu melingkar berisi labirin roda gigi yang saling terkait dan karakter misterius terukir di seluruh bagian yang terbuka.

Awalnya dianggap semacam astrolabe navigasi, para arkeolog terus mengungkap kegunaannya dan sekarang tahu bahwa itu diperkirakan kalender astronomi yang sangat rumit.

Antikythera merupakan perangkat paling canggih yang pernah ditemukan dari periode itu, mendahului kemunculan perangkat serupa berikutnya selama 1.000 tahun.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)