7 Penemuan Arkeologi Paling Misterius, Salah Satunya Ada di Indonesia

Minggu, 31 Oktober 2021 - 16:29 WIB
loading...
7 Penemuan Arkeologi Paling Misterius, Salah Satunya Ada di Indonesia
Beberapa penemuan arkeologi ini membuat dunia terkagum-kagum namun membuat ilmuwan harus berpikir keras memecahkan misteri benda kuno tersebut. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Penemuan arkeologi tak selalu berupa harta karun kuno yang terdapat di makam raja-raja jaman dahulu. Benda purbakala hingga fosil-fosil yang berusia ribuan tahun juga dianggap 'harta karun' bagi arkeolog.

Namun tak melulu penemuan arkeologi ini bisa dipecahkan denga mudah oleh para peneliti. Ada sejumlah penemuan arkeologi yang menjadi misteri hingga kini.

Beberapa penemuan arkeologi ini membuat dunia terkagum-kagum namun membuat ilmuwan harus berpikir keras memecahkan misteri benda kuno tersebut. Berikut 7 penemuan arkeologi paling misterius di Bumi yang dikutip dari Live Science:

1. Makam Qin Shi Huang

7 Penemuan Arkeologi Paling Misterius, Salah Satunya Ada di Indonesia


Pada tahun 1974, para petani di provinsi Shaanxi China secara tidak sengaja menemukan salah satu temuan arkeologis terbesar abad ke-20, yakni tentara Terakota seukuran prajurit asli yang menjaga makam Kaisar Qin Shi Huang (259 SM – 210 SM).



Para sejarawan tahu bahwa tentara tanah liat ini dibuat untuk menjaga kaisar pertama China di akhirat. Apa yang tidak diketahui, bagaimanapun, adalah di mana tepatnya kaisar dimakamkan atau harta apa yang mungkin ada di ruang pemakamannya.

Sebuah makam berbentuk piramida terletak sekitar satu mil ke timur laut tempat tentara terakota ditemukan. Namun, tidak ada yang benar-benar memasuki makam yang menyimpan jenazah Qin Shi Huang.

Berdasarkan dokumen kuno yang dimiliki pemerintah China, tempat peristirahatan terakhir kaisar pertama mereka adalah makam paling mewah yang pernah dibangun di China. Istana itu dibangun di bawah tanah, lengkap dengan "kerajaan" di sekitarnya, makam ini terdiri dari jaringan gua dan bahkan termasuk sistem drainase yang canggih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2028 seconds (0.1#10.140)