Terjadi Penurunan Suhu, Gunung Halla di Korsel Sudah Diselimuti Salju 21 Hari Lebih Cepat

Selasa, 09 November 2021 - 20:18 WIB
loading...
Terjadi Penurunan Suhu, Gunung Halla di Korsel Sudah Diselimuti Salju 21 Hari Lebih Cepat
Salju pertama menutupi Gunung Halla di Pulau Jeju, Korea Selatan (Korsel) 3 minggu lebih awal dari Tahun 2020. Foto/Ist/KBS News
A A A
SEOUL - Gunung Halla di Pulau Jeju, Korea Selatan, dilaporkan telah diselimuti salju pertama pada musim dingin tahun ini. Administrasi Meteorologi Korea (KMA) mengatakan, dari pengamatan diketahui kepingan salju sudah tampak di puncak gunung berapi tertinggi di Korea Selatan pada Selasa (9/11/2021) malam.

Ini adalah salju pertama yang menyelimuti gunung setinggi 1.950 meter di atas permukaan laut pada musim gugur ini. Berarti salju sudah datang 21 hari lebih awal dari tahun lalu. KMA menyarankan pejalan kaki untuk berhati-hati terhadap jalan yang licin. (Baca juga; Mengapa Salju Turun di Arab Saudi: Benarkah Ini Fenomena Langka? )

Dikutip dari laman world.kbs.co.kr, KMA mengaitkan salju yang turun lebih awal dengan penurunan suhu akibat angin dingin yang menyertai anticyclone kontinental, serta masuknya awan salju dari Laut Barat. Pada daerah yang tinggi di Gunung Halla diperkirakan ketebalan salju mencapai 3 sampai 8 sentimeter pada Rabu (10/11/2021) sore.

Hallasan atau Gunung Halla adalah gunung tertinggi di Korea Selatan. Gunung berapi dengan ketinggian 1.950 meter ini terletak di Pulau Jeju. Daerah sekitar Gunung Halla ini merupakan cagar alam Taman Nasional Hallasan. (Baca juga; 8 Minggu Meletus, Gunung Berapi Cumbre Vieja di Spanyol Belum Tunjukkan Tanda Akan Berhenti )
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1209 seconds (0.1#10.140)