10 Hewan terpintar di Dunia, Mana yang Jadi Favorit Anda?

Rabu, 10 November 2021 - 22:05 WIB
loading...
10 Hewan terpintar di Dunia, Mana yang Jadi Favorit Anda?
Serupa kepintaran manusia yang di dapat dari ibunya, kepintaran simpanse juga bergantung pada genetiknya. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Ternyata beberapa hewan memiliki intelegensi yang tinggi dibanding hewan lainnya. Kecerdasan dari hewan-hewan ini juga beragam dan berbeda-beda sesuai keahlian mereka masing-masing. Mulai melarikan diri tanpa jejak, mengingat manusia, bahkan bisa berbicara!

Wah, jenis hewan apa saja sih mereka ini? Yuk kita simak faktanya!

BACA JUGA: UMKM Gentalana Ungkap Tips Foto Produk Gunakan OPPO A95

1. Gurita
10 Hewan terpintar di Dunia, Mana yang Jadi Favorit Anda?

Gurita masuk ke dalam jenis hewan invertebrata atau hewan yang tidak memiliki tulang belakang namun dapat bergerak lincah. Karena itu, mereka dinobatkan sebagai hewan terpintar karena mampu melarikan diri dari predator tanpa meninggalkan jejak.

2. Burung Kakak Tua
Burung ini berhabitat di iklim tropis dan hangat, seperti yang sudah diketahui, kepintaran mereka adalah mampu menirukan perkataan manusia. Eits, tidak hanya meniru, loh. Burung Kakatua juga bisa menjawab pertanyaan. Namun, kemampuan tersebut perlu dicapai dengan berlatih.

3. Tupai
10 Hewan terpintar di Dunia, Mana yang Jadi Favorit Anda?

Menurut studi yang dilakukan Princeton University, tupai abu-abu mampu mengingat dimana ribuan kacang kenari yang dikubur meski sudah beberapa bulan lamanya. Menariknya lagi, hewan ini juga pandai mengecoh. Mereka tahu sedang diamati sewaktu mengubur makanannya. Mereka akan berpura-pura mengubur makanan padahal menaruhnya di dalam mulut atau ketiaknya. Ketika sudah aman, mereka baru mencari tempat lain untuk menyimpan makanan.

4. Gajah
Gajah adalah binatang darat terbesar di bumi. Beratnya bisa mencapai 7.000 kg (7 ton) dengan ketinggian sekitar 4 meter. Gajah dikatakan pintar karena dapat mengenali dirinya di cermin. Sehingga mengindikasikan kesadaran diri dan kognisi. Gajah mampu menggunakan peralatan meskipun tidak sehebat Simpanse. Kemampuan gajah dalam mepergunakan peralatan biasanya digunakan oleh para pelatih gajah di Kebun Binatang untuk atraksi menggambar. Gajah juga dianggap memiliki daya ingat sangat baik, terutama dalam mengingat rute dan jarak tempuh perjalanan mereka.

5. Lumba- lumba
10 Hewan terpintar di Dunia, Mana yang Jadi Favorit Anda?

Lumba-lumba sering disebut sebagai hewan tercerdas kedua karena ukuran otaknya yang besar. Dalam temuan yang dilakukan Institute for Marine Mammal Studies di Mississippi, AS, lumba-lumba yang bernama Kelly dilatih untuk memungut sampah di dalam kolamnya dan akan ditukar dengan seekor ikan. Namun ia merobek-robek sampah kertas yang ada sehingga menjadikan sampah yang diberikan kepada pelatihnya menjadi lebih banyak. Ia pun pastinya mendapat tambahan ikan lebih banyak.

6. Anjing
Anjing merupakan hewan terpintar sekaligus menjadi sahabat terdekat manusia. Keberadaan mereka dapat membantu manusia, contohnya digunakan oleh anggota kepolisian untuk memecahkan suatu masalah. Untuk masalah kesetiaan dan kepatuhan, kamampuan dari anjing tidak perlu usah diragukan lagi.

7. Burung Gagak
Salah satu spesies burung yang lainnya sebagai hewan terpintar adalah burung gagak. Burung ini memiliki ingatan yang sangat baik. Bahkan, mereka dapat mengingat dimana mereka meletakan suatu objek dan tempat mangsanya bersemayam.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1428 seconds (11.97#12.26)