Ternyata Bulan Menyimpan Oksigen yang Mampu Menopang Hidup 8 Miliar Orang

Jum'at, 12 November 2021 - 08:46 WIB
loading...
Ternyata Bulan Menyimpan Oksigen yang Mampu Menopang Hidup 8 Miliar Orang
Berdasarkan penelitian, ternyata kandungan oksigen di bulan bisa menopang kehidupan bagi 8 miliar orang selama 100 ribu tahun. Foto/dok
A A A
JAKARTA - NASA memang menunda pengiriman manusia ke Bulan menjadi 2025, namun hal itu tak mengurungkan niat untuk mengeksplorasi kemungkinan kehidupan di planet tersebut. Karena berdasarkan penelitian, ternyata kandungan oksigen di bulan bisa menopang kehidupan bagi 8 miliar orang selama 100 ribu tahun.

Dikutip dari Science Alert, Kamis (11/11/2021), pada Oktober 2021, Badan Antariksa Australia dan NASA menandatangani kesepakatan untuk mengirim rover buatan Australia ke Bulan di bawah program Artemis. Rover ini untuk mengumpulkan batuan bulan yang mengandung oksigen.

Dosen Ilmu Tanah, Southern Cross University, John Grant mengatakan, para ilmuwan memperkirakan sebenarnya ada banyak oksigen di Bulan yang terperangkap di dalam regolith – lapisan batu dan debu halus yang menutupi permukaan Bulan. Jika mampu mengekstrak oksigen dari regolith, itu bisa untuk mendukung kehidupan manusia di Bulan.



Mineral seperti silika, aluminium, dan besi dan magnesium oksida mendominasi permukaan Bulan. Semua mineral ini mengandung oksigen, tetapi tidak dalam bentuk yang dapat diakses oleh paru-paru manusia.

Di Bulan , mineral ini ada dalam beberapa bentuk berbeda termasuk batuan keras, debu, kerikil, dan batu yang menutupi permukaan. Bahan ini dihasilkan dari dampak meteorit yang menabrak permukaan bulan selama ribuan tahun yang tak terhitung jumlahnya.

"Beberapa orang menyebut lapisan permukaan Bulan sebagai "tanah", tetapi sebagai ilmuwan tanah, saya ragu untuk menggunakan istilah ini. Tanah adalah hal yang cukup ajaib yang hanya ada di Bumi," katanya.

Sedangkan regolith yang ada di bulan adalah batuan keras yang terbentuk selama jutaan tahun. Regolith Bulan terdiri dari sekitar 45 persen oksigen. Tapi oksigen itu terikat erat ke dalam mineral yang disebutkan di atas. Untuk memutuskan ikatan yang kuat itu, manusia perlu mengubahnya.

Dalam hal ini, oksigen yang diproduksi di bulan sebagai produk utama dan aluminium (atau logam lain) yang diekstraksi akan menjadi produk sampingan yang berpotensi berguna.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2964 seconds (0.1#10.140)