Ternyata Bulan Menyimpan Oksigen yang Mampu Menopang Hidup 8 Miliar Orang

Jum'at, 12 November 2021 - 08:46 WIB
loading...
A A A
"Ini adalah proses yang cukup mudah, tetapi sangat butuh energi. Agar berkelanjutan, perlu didukung oleh energi matahari atau sumber energi lain yang tersedia di bulan," kata Grant.

Menurut perhitungan Grant, satu meter kubik regolith bulan rata-rata mengandung 1,4 ton mineral, termasuk sekitar 630 kilogram oksigen. NASA mengatakan manusia perlu menghirup sekitar 800 gram oksigen sehari untuk bertahan hidup. Jadi 630 kg oksigen akan membuat seseorang tetap hidup selama sekitar dua tahun atau lebih.

Jika diasumsikan kedalaman rata-rata regolith di Bulan adalah sekitar 10 meter dan ilmuwan dapat mengekstrak semua oksigen dari sini. Itu berarti 10 meter teratas permukaan Bulan akan menyediakan oksigen yang cukup untuk mendukung kehidupan 8 miliar orang selama sekitar 100.000 tahun.



"Ini juga akan tergantung pada seberapa efektif kita untuk mengekstrak dan menggunakan oksigen. Terlepas dari itu, angka ini sangat luar biasa!" ujar Grant.

Karena itu, lanjut Grant, manusia sudah memiliki tanah yang sangat bagus di Bumi. Manusia harus melakukan segala cara untuk bisa melindungi planet biru yang terus mendukung semua kehidupan terestrial tanpa harus berusaha mengekstrak oksigen.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2122 seconds (0.1#10.140)