Lokasi di Bulan Ini Jadi Incaran NASA untuk Dibor Robot Penjelajah PRIME-1

Selasa, 09 November 2021 - 10:20 WIB
loading...
Lokasi di Bulan Ini Jadi Incaran NASA untuk Dibor Robot Penjelajah PRIME-1
NASA mulai mencari lokasi yang tepat untuk melakukan pengeboran di lapisan es kutub selatan bulan oleh robot penjelajah PRIME-1. Foto/NASA
A A A
FLORIDA - NASA mulai mencari lokasi yang tepat untuk melakukan pengeboran di lapisan es kutub selatan bulan oleh robot penjelajah Polar Resources Ice-Mining Experiment-1 (PRIME-1). Lokasi yang diincar NASA adalah "Shackleton" karena data mengisyaratkan ada es tersembunyi di sana.

Misi robotik termasuk PRIME-1 ini membutuhkan tenaga surya dan pemandangan Bumi untuk komunikasi. Rencananya, misi PRIME-1 akan diluncurkan tahun depan.

"Menemukan lokasi pendaratan di mana kita mungkin menemukan es dalam jarak tiga kaki dari permukaan itu menantang," kata Jackie Quinn, manajer proyek PRIME-1 di NASA 's Kennedy Space Center di Florida, dalam pernyataannya yang dikutip Live Science, Selasa (9/11/2021).



Meskipun ada banyak sinar matahari untuk memberi daya pada muatan, namun permukaan menjadi terlalu hangat untuk menopang es dalam jangkauan bor PRIME-1. "Kami perlu menemukan situs 'goldilocks' yang mendapat cukup sinar matahari untuk memenuhi persyaratan misi, ini akan menjadi tempat yang aman untuk mendarat dengan komunikasi Bumi yang baik," katanya.

NASA membingkai misi PRIME-1 sebagai langkah kunci dalam mempelajari cara menambang sumber daya dari permukaan bulan. Badan tersebut berencana untuk mendaratkan serangkaian misi manusia yang lebih lama di bulan, yang dikenal sebagai Artemis.

Untuk membuat misi tersebut berkelanjutan, NASA berpendapat, para ilmuwan dan insinyur perlu mempraktikkan pemanfaatan sumber daya in-situ (ISRU), yaitu praktik penggunaan sumber daya di lingkungan setempat.



PRIME-1 bertujuan untuk menyebarkan bor, yang disebut Bor Es Regolith untuk Menjelajahi Medan Baru (TRIDENT) yang akan sedalam 3 kaki di permukaan bulan. Eksperimen ini juga memiliki spektrometer massa yang akan mengukur gas yang dapat ditemukan TRIDENT dari volatil.

NASA berencana untuk menggunakan data dari PRIME-1 untuk mempersiapkan misi penjelajah bulan yang lebih ambisius, yakni Volatiles Investigating Polar Exploration Rover (VIPER). Penjelajah ini juga akan mendarat di kutub selatan pada tahun 2023 dan Situs pendaratan VIPER akan berada tepat di sebelah barat Nobile, sebuah kawah di dekat kutub selatan bulan.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)