Hungaria Aktifkan Monster Pemadam Kebakaran, Dibuat dari Tank T-55 dan Mesin Jet MiG-21

Senin, 22 November 2021 - 16:11 WIB
loading...
Hungaria Aktifkan Monster Pemadam Kebakaran, Dibuat dari Tank T-55 dan Mesin Jet MiG-21
Hungaria mampu mengombinasikan kekuatan Tank T-34 dengan mesin jet MiG-21 menjadi satu unit kendaraan pemadam kebakaran yang dahsyat. Foto/thedrive
BUDAPEST - Pernah membayangkan bagaimana jadinya jika dua mesin perang legendaris era Uni Soviet, tank T-34 dan jet tempur MiG-21, disatukan. Mungkin, tak pernah terbayangkan, namun di tangan perusahaan otomotif Hungaria, dua mesin perang yang menakutkan diubah menjadi kendaraan monster raksasa yang bermanfaat besar.

Total Car Hungaria, perusahaan otomotif di Hungaria, mampu mengubah dan mengombinasikan kekuatan Tank T-34 dengan mesin jet MiG-21 menjadi satu unit kendaraan pemadam kebakaran yang dahsyat. Kendaraan yang disebut Big Wind atau Monster Pemadam, ini punya kemampuan memadamkan kebakaran besar yang biasa terjadi di sumur atau kilang minyak.

Memang ini bukan sesuatu yang benar-benar baru, sebab Monster Pemadam ini dibuat tahun 1988 dan digunakan pada Perang Teluk antara Irak dan Kuwait. Monster Pemadam didatangkan dari Hungaria dengan pesawat Hercules C-130 ke Kuwait untuk memadamkan sumur-sumur minyak yang dibakar pasukan Saddam Hussein sebelum mundur ke Irak.

Tidak disebutkan berapa unit kendaraan raksasa pemadam yang dikerahkan. Namun, metode pemadaman sumur minyak yang digunakan Monster Pemadam ini terbukti efektif dibandingkan dengan melakukan pengeboman. (Baca juga; Peneliti Korsel Temukan Alat Forensik Struktur Beton, Deteksi Tingkat Kerusakan Akibat Kebakaran )



Dalam waktu 43 hari kendaraan ini berhasil memadamkam kobaran besar di 10 sumur minyak yang tersebar di Kuwait. Pengoperasiannya pun sederhana karena hanya membutuhkan tiga operator saja, di luar tenaga pendukung lain. (Baca juga; Kebakaran Kilang Minyak Cilacap, PLN Lakukan Pemadaman Darurat )

Setelah sukses menjalankan tugas di Kuwait, Si Monster Raksasa pemadam kebakaran ini kembali ke Hungaria dan nyaris tak terdengar lagi perannya. Sampai pada 2014 Perusahaan Minyak Hungaria MOL Grup mengaktifkan kembali si Angin Besar ini. Berdasarkan laporan laman The Drive pada 19 November 2021, platform gerak Si Monster Raksasa dimodernisasi dengan menggunakan sasis tank T-55 untuk menggantikan sasis tank T-34.

Sasis tank T-55 yang kokoh dan bertenaga ini menggendong dua unit mesin jet pesawat tempur MiG-21 dan bergerak dengan kecepatan maksimal 3 mil per jam. Dua mesin jet yang dipasang di bagian atas mampu menghasilkan daya dorong 27.000 pon dan 4.591 kaki kubik gas buang setiap detik.

Semburan dari mesin jet ini digunakan untuk menyemprotkan 220 galon air bertekanan yang mampu memadamkan kebakaran pada sumur minyak. Pemadaman kobaran api sumur minyak bisa dilakukan efektif karena dilakukan dari jarak dekat dan penggunaan bodi tank mampu memberikan perlindungan bagi operatornya.
(wib)
preload video
KOMENTAR ANDA