NASA dan JAXA Pernah Ingin Menabrakan Hayabusa ke Asteroid Nereus

Rabu, 01 Desember 2021 - 18:21 WIB
NASA dan JAXA Pernah Ingin Menabrakan Hayabusa ke Asteroid Nereus
Ternyata karena seringnya asteroid Nereus melintasi bumi, NASA dan JAXA pernah akan menabrakan pesawat ruang angkasa Hayabusa ke asteroid tersebut. Foto/dok
CALIFORNIA - Dalam waktu sepekan ini, bumi akan dilintasi oleh Asteroid Nereus yang berukuran sebesar lapangan sepak bola. Ternyata karena seringnya asteroid ini melintasi bumi, NASA dan JAXA pernah akan menabrakan pesawat ruang angkasa Hayabusa ke Nereus.

Asteroid Nereus pertama kali terlihat pada tahun 1982 oleh astronom Eleanor Helin. Asteroid ini cukup sering melewati Bumi sehingga NASA dan badan antariksa Jepang (JAXA) pernah mempertimbangkan untuk menabraknya dengan pesawat ruang angkasa Hayabusa.

Dikutip dari News Australia, Rabu (1/12/2021), Asteroid 4660 Nereus memiliki panjang sekitar 492 kaki dan akan berada dalam jarak 7,4 juta kilometer dari Bumi.

NASA mengangap, asteroid ini berpotensi berbahaya karena jaraknya yang kurang dari 19,4 juta kilometer dari bumi. Karena sesuai perhitungan NASA, asteroid yang berjarak kurang dari 19,4 juta kilometer berbahaya sedangkan asteroid Nereus hanya berjarak 7,4 juta kilometer.

Kendati berpotensi bahaya, NASA meminta agar masyarakat tidak panik karena Asteroid Nereus diperkirakan tidak akan berdampak pada Bumi.

"Jika semuanya berjalan dengan baik, Nereus akan melesat melewati bumi dengan kecepatan 23.657 kilometer per jam dan akan sampai pada jarak terdekatnya dengan bumi sekitar 3,9 juta kilometer," katanya.

NASa berharap lintasan asteroid Nereus tak berubah karena satu perubahan kecil pada lintasan mereka bisa menyebabkan bencana bagi bumi.