Spesies Baru Dinosaurus Berekor Pisau, Punya 7 Bilah Tajam untuk Melindungi Diri

Jum'at, 03 Desember 2021 - 13:33 WIB
loading...
Spesies Baru Dinosaurus Berekor Pisau, Punya 7 Bilah Tajam untuk Melindungi Diri
Fosil dinosaurus Stegouros yang ditemukan di Cile seukuran anjing dan memiliki senjata ekor tebas yang unik. Foto/cnet
A A A
SANTIAGO - Dinosaurus spesies baru yang unik karena memiliki ekor tajam seperti pisau ditemukan di selatan Cile oleh para paleontologi University of Chile. Meskipun memiliki tujuh bilah lapisan yang tajam di ekor, dinosaurus ini termasuk jenis herbivora atau pemakan tumbuhan.

Tim ilmuwan menjuluki dinosaurus berukuran panjang 2 meter sebagai spesies Stegouros elengassen karena sisa tubuhnya menyerupai Stegosaurus - alias Spike dari The Land Before Time. (Baca juga; Dilindungi Ribuan Gigi Kecil, Hiu Paus Raksasa Punya Bola Mata Lapis Baja )

Meskipun analisis DNA ekstensif dan pemeriksaan tengkorak mengungkapkan lebih dekat hubungannya dengan keluarga dinosaurus Ankylosaurs, tetapi tim ilmuwan memutuskan tetap menggunakan nama Stegourus.

"Tidak seperti Ankylosaurs di belahan bumi utara, dinosaurus baru kami memiliki baju besi ringan, kaki ramping, dan ukuran lebih kecil. Herbivora purba ini mengembangkan senjata ekor besar tidak seperti dinosaurus mana pun," Sergio Soto Acuña, mahasiswa doktoral di University of Chile dikutip SINDOnews dari laman cnet, Jumat (3/12/2021).

Fosil dinosaurus Stegouros yang ditemukan di Cile seukuran anjing dan memiliki senjata ekor tebas yang unik. Penemuan fosil Stegourus menarik minat para peneliti karena persenjataannya yang khusus dan mampu mengiris tubuh musuhnya. (Baca juga; Fosil Dinosaurus Terbesar dan Terlengkap Berusia 80 Juta Tahun Ditemukan di Italia )

Apalagi dari sekian banyak kerangka dinosaurus lapis baja alami yang hidup lebih dari 70 juta tahun yang lalu atau selama periode Kapur akhir yang ditemukan di wilayah Cile selatan, tidak ada yang mirip Stegourus. Penemuan ini sangat mengejutkan tim ilmuwan, ada spesies dinosaurus memiliki fitur aneh -artileri seperti pisau di ekornya.

Bagian ekor dinosaurus ini dihiasi dengan tujuh pasang tulang yang menyatu, meniru bilah yang tajam. Terlihat mengerikan, namun pisau di ekor hanya digunakan Stegourus untuk bertahan melawan pemangsa. "Iini adalah senjata yang sangat tidak biasa," kata Alex Vargas, peneliti lain dan ahli paleontologi Universitas Cile.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2058 seconds (0.1#10.140)