Dilindungi Ribuan Gigi Kecil, Hiu Paus Raksasa Punya Bola Mata Lapis Baja

Rabu, 01 Desember 2021 - 12:18 WIB
loading...
Dilindungi Ribuan Gigi Kecil, Hiu Paus Raksasa Punya Bola Mata Lapis Baja
Hiu Paus Raksasa punya keunikan tersembunyi di balik postur tubuhnya yang besar bak monster laut mencapai ukuran 55 kaki (16,7 meter). Keunikan itu ada di matanya yang oleh para ilmuwan dijuluki Bola Mata Lapis Baja. Foto/Ist/seal-superyachts
HIU Paus Raksasa punya keunikan tersembunyi di balik postur tubuhnya yang besar bak monster laut mencapai ukuran 55 kaki (16,7 meter). Keunikan itu ada di matanya, Hiu Paus Raksasa memiliki mata yang dilindungi (tumbuh) ribuan gigi kecil sehingga dijuluki Bola Mata Lapis Baja.

Hiu Paus Raksasa punya 300 baris gigi kecil di mulutnya, namun itu tidak digunakan untuk menangkap atau mencabik mangsanya. Sebab, Hiu Paus Raksasa makan dengan menyaring air laut, ketika mulutnya dibuka lebar ribuan plankton, krill, ubur-ubur, cumi-cumi, dan ikan teri, tersedot ke dalam tubuhnya.

Begitu juga dengan ribuan gigi yang tumbuh di kedua kelopak matanya, tidak digunakan untuk menyerang tapi untuk perlindungan. Ribuan gigi kecil atau dentikel dermal berbentuk v ini berguna untuk melindungi mata Hiu Paus Raksasa dari abrasi atau kerusakan. Fitur ini membantu Hiu Paus Raksasa mengurangi turbulensi dan tarikan saat meluncur di lautan.

Tim Peneliti dari Okinawa Churashima Research Center Jepang yang menemukan keunikan ini menjuluki sebagai “Mata Lapis Baja Hiu Paus”. Mereka menemukan satu bola mata Hiu Paus Raksasa dapat memiliki lebih dari 3.000 dentikel yang tumbuh di sekitar iris.
Dilindungi Ribuan Gigi Kecil, Hiu Paus Raksasa Punya Bola Mata Lapis Baja

Dentikel dermal ini sebenarnya bukanlah hal baru, karena ditemukan pada kulit hiu dan secara struktural mirip dengan gigi kecil. Sedangkan pada Hiu Paus Raksasa dentikel dermal ini tumbuh di seluruh bola matanya. (Baca juga; 5 Monster Laut yang Masih Eksis, Hati-Hati Ada yang Suka Memangsa Manusia )



Tim Peneliti dari Okinawa Churashima Research Center yang dipimpin Taketeru Tomita menemukan fungsi gigi yang tumbuh di bola mata Hiu Paus Raksasa untuk melindungi dari kerusakan. Sebab, Hiu Paus Raksasa tidak punya kelopak mata untuk melindungi bola matanya. (Baca juga; Mengapa Cara Berenang Hiu dan Paus Berbeda? )

“Kami menemukan, ini (dentikel dermal) untuk membantu Hiu Paus Raksasa menarik bola mata ke dalam rongga mata. Penutup permukaan mata dengan dentikel dermal pada Hiu Paus Raksasa berguna mengurangi risiko kerusakan mekanis pada permukaan mata,” katanya dikutip dari laman bigthink.

Dengan penemuan ini, para peneliti menyadari bahwa visi (penglihatan) memainkan peran yang lebih penting pada Hiu Paus Raksasa. Berbeda dari perkiraan sebelumnya, karena Hiu Paus Raksasa punya cara berbeda mencari memangsanya. Dari sini diketahui, mata Hiu Paus Raksasa secara aktif mampu melacak penyelam yang berenang 3-5 m di sekitarnya.
(wib)
KOMENTAR ANDA