10 Gunung Berapi Paling Aktif di Dunia, Nomor 4 dan 8 Ada di Indonesia

Minggu, 05 Desember 2021 - 11:01 WIB
loading...
10 Gunung Berapi Paling Aktif di Dunia, Nomor 4 dan 8 Ada di Indonesia
Gunung berapi paling aktif di dunia mengandung sejumlah besar energi dan daya rusak cukup tinggi. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Gunung berapi paling aktif di dunia mengandung sejumlah besar energi dan daya rusak cukup tinggi. Para ilmuwan mendefinisikan gunung berapi aktif sebagai salah satu yang telah meletus dalam 10.000 tahun terakhir.

Berdasarkan definisi tersebut, bumi memiliki sekitar 1.500 gunung berapi aktif yang tersebar di seluruh dunia. Sekitar 75 persen di antaranya terletak di sepanjang cincin api pasifik – sebuah wilayah yang membentang di batas daratan di lautan Pasifik.

Dikutip dari situs Interesting Engineering, Minggu (5/12/2021), gunung berapi terbentuk melalui melalui proses dasar magma yang naik melalui mantel dan kerak bumi. Saat magma menembus ke permukaan, magma akhirnya pecah dan mulai mengeras. Pengerasan magma ini berulang-ulang menyebabkan terbentuknya gunung api yang lebih tinggi atau lebih luas.

Sumber magma ini berasal dari dalam perut bumi atau inti bumi sehingga batuan meleleh dan menjadi zat mengalir yang kental, yang kita kenal sebagai magma. Saat batuan mencair menjadi magma, kerapatannya justru berubah menjadi lebih ringan dari batuan padat di sekitarnya.



Magma bawah tanah ini dapat menerobos permukaan sehingga terjadi letusan. Beberapa letusan bersifat eksplosif sementara yang lain keluar perlahan. Ini karena tutupan terbentuk dari waktu ke waktu, di mana lava menutup tabung magma tertentu, hanya untuk tekanan yang meningkat dan akhirnya menyebabkan ledakan.

Berikut 10 Gunung berapi paling aktif di dunia :

1. Gunung Mauna Loa di Hawaii

Mauna Loa adalah gunung berapi terbesar di Bumi, gelar yang dipegangnya untuk waktu yang lama, sempat hilang pada tahun 2013, tetapi sekarang telah kembali lagi.

Pada tahun 2013, para ilmuwan mengumumkan bahwa mereka percaya gunung berapi bawah laut Tamu Massif adalah yang terbesar di dunia.

Mauna Loa diperkirakan meletus terus menerus selama 700.000 tahun hingga sekarang. Karena seringnya aliran lava, menimbulkan risiko besar bagi masyarakat sekitar.

2. Gunung Eyjafjallajokull di Islandia

Selain memiliki nama yang paling sulit diucapkan, Gunung Eyjafjallajokull meletus terakhir kali pada 2010. Meskipun letusan itu sendiri relatif kecil, gumpalan abu dari letusan tersebut menyebabkan krisis lalu lintas udara global, menyebabkan banyak penerbangan dialihkan atau dibatalkan.

Karena aktivitas yang relatif baru ini, bisa dibilang ini salah satu gunung berapi paling terkenal saat ini. Gunung berapi khusus ini memiliki lapisan es yang menutupi kalderanya, suatu sifat yang sangat berbeda dibandingkan dengan gunung berapi lainnya dalam daftar ini.

3. Gunung Vesuvius di Italia

Gunung Vesuvius terletak hanya 5,5 mil (9 km) dari kota Napoli, Italia. Kedekatan ini berarti bahwa ini adalah wilayah terpadat dengan gunung berapi aktif di mana pun di dunia. Letusan bencana pada tahun 79 M mengubur kota Pompeii dan Herculaneum di bawah abu dan lava.

Vesuvius adalah satu-satunya gunung berapi di daratan Eropa yang meletus dalam seratus tahun terakhir. Hari ini, itu dianggap sebagai salah satu gunung berapi paling berbahaya di dunia, karena kedekatannya dengan Napoli dan kecenderungannya terhadap letusan eksplosif yang dahsyat.

4. Gunung Merapi di Indonesia

Gunung Merapi diperkirakan telah menghasilkan lebih banyak aliran lava daripada gunung berapi lainnya di dunia. Pada bulan Oktober 2010, kewaspadaan tinggi diberikan kepada warga sekitar dan meminta agar penduduk mengungsi.



Pada tanggal 25 Oktober 2010 lava mulai meletus dari lereng selatan. Letusan berlanjut sepanjang November, akhirnya menyebabkan kematian sekitar 350 orang dan membuat banyak penduduk di sekitarnya kehilangan tempat tinggal.

Merapi dikenal sebagai gunung berapi paling aktif di seluruh Indonesia, meletus baru-baru ini pada 2018, dan menyebabkan seringnya evakuasi di wilayah tersebut.

5. Gunung Nyiragongo di Kongo

Gunung Nyiragongo memiliki salah satu danau lava terbesar di zaman modern di dalam kawah utamanya. Terletak di Taman Nasional Virunga di Republik Demokratik Kongo, gunung ini bertanggung jawab atas sekitar 40 persen letusan bersejarah di Afrika.

Sejak tahun 1882, gunung berapi ini telah meletus setidaknya 32 kali dan danau lavanya secara konsisten menunjukkan fluktuasi level, yang menunjukkan aktivitas magma bawah tanah.

Pada 10 Januari 1977, gunung ini kembali meletus dan membanjiri desa-desa di lereng atas serta menewaskan sedikitnya 70 orang. Para peneliti mengingatkan bahwa gunung berapi itu dapat meletus lagi pada tahun 2024.

6. Gunung Berapi Taal di Filipina

Terletak 30 mil (48 km) selatan ibu kota Manila, gunung berapi Taal adalah yang paling aktif kedua di Filipina. Namun, gunung berapi ini terkenal karena tingkat kematiannya selama bertahun-tahun, dengan sekitar 6.000 orang telah tewas.

Sekarang, gunung berapi itu cukup tenang sejak 1977, tetapi meletus lagi pada Januari 2020 ini, memuntahkan abu hingga ke Metro Manila, dan sebagian Luzon Tengah. Sebanyak 39 orang tewas dalam letusan tersebut, baik karena menolak mengungsi atau karena masalah kesehatan selama evakuasi.

7. Galeras di Kolombia

Puncak Galeras naik mengesankan 2.65 mil (4.276 meter) di atas permukaan laut dan telah cukup aktif selama jutaan tahun. Diperkirakan bahwa Galeras telah menjadi gunung berapi aktif selama sekitar satu juta tahun, tetapi letusan pertama yang tercatat terjadi pada tahun 1535.



Letusan lebih dari 500.000 tahun yang lalu sebenarnya mengeluarkan 15 kilometer kubik material ke lanskap sekitarnya dan membentuk kaldera. Gunung berapi terletak di dekat kota Pasto dan menimbulkan ancaman.

Pada tahun 1978, para ilmuwan mengira gunung berapi ini sudah tidak aktif, tetapi 10 tahun kemudian gunung itu meletus. Setelah itu, pada tahun 1993, meletus selama konferensi Decade Volcano di Pasto, menewaskan 6 ilmuwan yang telah melakukan ekspedisi dadakan ke kawah, bersama dengan tiga turis.

8. Gunung Semeru di Indonesia

Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 3.676 meter di atas permukaan laut ini terbilang sebagai gunung berapi yang sering erupsi. Gunung tipe strato ini tercatat mengalami letusan pertama pada 8 November 1818.

Gunung Semeru kembali meletus pada tahun 1884 dan terus mengalami letusan dari tahun ke tahun hingga sekarang. Namun dampak letusan yang sampai menelan korban jiwa 7 orang terjadi pada tahun 1994.

Terakhir, Gunung Semeru memuntahkan debu vulkaniknya pada 4 Desember 2021 kemarin yang membuat warga sekitarnya harus mengungsi dan mengubur beberepa desa di Lumajang dan Malang, Jawa Timur. Dalam peristiwa ini, 13 orang meninggal dunia dan 41 orang lainnya luka-luka.

9. Sakurajima di Jepang

Sakurajima dulunya adalah gunung berapi pulaunya sendiri sebelum aliran lavanya tumbuh cukup besar untuk menghubungkan massa ke Semenanjung Osumi di Jepang.

Gunung berapi ini telah meletus hampir secara konstan sejak 1955, dan ribuan ledakan kecil terjadi setiap tahun, menciptakan kondisi berbahaya bagi kota terdekat Kagoshima.



Pada tanggal 18 Agustus 2013, gunung berapi meletus dari kawah Showa dan menghasilkan gumpalan abu setinggi 3 mil (5.000 meter). Itu adalah letusan ke-500 tahun ini.

10. Santa Maria di Guatemala

Gunung berapi Santa Maria terletak di dataran tinggi barat Guatemala, dekat kota Quetzaltenango. Kawahnya terbentuk selama ledakan pada tahun 1902, yang menempati peringkat sebagai salah satu dari tiga letusan terbesar di abad ke-20, dan salah satu dari 5 letusan terbesar dalam beberapa ratus tahun terakhir.

Gunung berapi ini berada di sepanjang garis patahan lempeng Cocos dan lempeng Karibia; pergerakan yang biasanya menjadi penyebab letusan gunung berapi tersebut. Letusan terakhir terjadi pada Maret 2011 dan aliran lava tetap cukup konstan sejak saat itu.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)