Foto Satelit Ungkap Persiapan Iran Lakukan Peluncuran Roket ke Luar Angkasa

Senin, 13 Desember 2021 - 15:53 WIB
loading...
Foto Satelit Ungkap Persiapan Iran Lakukan Peluncuran Roket ke Luar Angkasa
Gambar satelit yang diambil oleh Planet Labs Inc pada Sabtu 11 Desember 2021 yang diperoleh oleh The Associated Press, menunjukkan aktivitas di pelabuhan antariksa di dataran gurun pedesaan di provinsi Semnan, Iran. Foto/Washingtonexaminer
A A A
TEHERAN - Iran diperkirakan sedang melakukan persiapan peluncuran ke luar angkasa dari Pelabuhan Luar Angkasa Imam Khomeini, sekitar 240 kilometer (150 mil) tenggara Teheran. Hal itu diketahui dari gambar satelit yang diambil Sabtu 11 Desember 2021 oleh Planet Labs Inc yang diperoleh oleh The Associated Press, menunjukkan aktivitas di pelabuhan antariksa di dataran gurun pedesaan di provinsi Semnan, Iran.

Gambar-gambar tersebut memperlihatkan kendaraan yang ditempatkan di struktur seperti jembatan, yang telah muncul di gambar lain sebelum dimulainya peluncuran. Termasuk derek hidrolik yang diduga dikeluarkan sebelum peluncuran dan digunakan untuk melayani roket, menunjukkan Iran fokus pada peluncuran luar angkasa.

"Ini adalah kegiatan pra-peluncuran yang cukup tradisional," kata Jeffrey Lewis, seorang ahli dari James Martin Center for Nonproliferation Studies di Middlebury Institute of International Studies kepada AP yang dikutip washingtonexaminer, Senin (13/12/2021). Washington Examiner menghubungi militer AS dan misi Iran di PBB untuk mengonfirmasi foto tersebut, namun belum memberikan tanggapan.
Foto Satelit Ungkap Persiapan Iran Lakukan Peluncuran Roket ke Luar Angkasa

Berita tentang dugaan aktivitas peluncuran ke luar angkasa Iran muncul saat pembicaraan di Wina, Austria berlanjut. Dalam pertemuan ini memberikan Presiden Iran Ebrahim Raisi "kesempatan terakhir" untuk menandatangani kesepakatan nuklir 2015. (Baca juga;NASA Matangkan Misi Artemis I ke Bulan, Peluncuran Diundur Jadi Februari)

Para pejabat Iran dan AS berkumpul di Wina, Austria, untuk pembicaraan putaran ketujuh, yang dimediasi oleh negara-negara lain seperti China dan Rusia. Selama pertemuan ini, para pejabat Iran mengecam kompromi yang dibuat sebelumnya. (Baca juga; Bikin Merinding, Foto Luar Angkasa Ini Rekam Letusan Mematikan Gunung Semeru )

Pada bulan Juni, CNN melaporkan, bahwa AS telah memantau upaya lain oleh Iran untuk meluncurkan satelit ke orbit. "Komando Luar Angkasa AS mengetahui kegagalan peluncuran roket Iran yang terjadi awal 12 Juni," kata Uriah Orland, juru bicara Pentagon.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2064 seconds (0.1#10.140)