Kisah Kerajaan Kush Taklukkan Firaun dari Mesir Kuno, Punya Piramida Mungil yang Unik

Rabu, 15 Desember 2021 - 10:03 WIB
loading...
Kisah Kerajaan Kush Taklukkan Firaun dari Mesir Kuno, Punya Piramida Mungil yang Unik
Kerajaan Kush adalah kerajaan Afrika kuno yang terletak di Nubia, sebuah wilayah di sepanjang sungai Nil, saat ini meliputi wilayah antara Sudan tengah dan Mesir selatan. Foto/heritagedaily
A A A
KERAJAAN Kush adalah kerajaan Afrika kuno yang terletak di Nubia, sebuah wilayah di sepanjang sungai Nil, saat ini meliputi wilayah antara Sudan tengah dan Mesir selatan. Wilayah ini adalah rumah bagi tiga periode perkembangan Kushite pada zaman kuno.

Kerajaan Kush pertama memiliki ibu kota di Kerma (2600–1520 SM) yang merupakan negara bagian terpusat pertama di Nubia dengan bentuk arsitektur dan adat pemakaman asli. Kedua berpusat di Napata (1000–300 SM) dan kerajaan terakhir berpusat di Meroë (300 SM–300 M).

Dikutip dari laman heritagedaily, pada abad ke-8 SM, Raja Piye menginvasi Mesir dan mendirikan dinasti kedua puluh lima kekuasaan di seluruh Kekaisaran Mesir. Dia menyatukan kedua kerajaan di lembah Nil yang membentang dari delta ke kota Napata. (Baca juga; Bir Sudah Dikenal Era Mesir Kuno 5.800 Tahun Lalu, Disajikan untuk Ritual Khusus )

Dua puluh lima dinasti Firaun membangun atau merestorasi kuil dan monumen di seluruh lembah Nil, termasuk Memphis, Karnak, Kawa, dan Jebel Barkal. Pemerintahan mereka juga melihat pembangunan piramida pertama yang tersebar luas yang tidak terlihat sejak firaun Kerajaan Tengah.
Kisah Kerajaan Kush Taklukkan Firaun dari Mesir Kuno, Punya Piramida Mungil yang Unik

Kedua Kerajaan kemudian melihat pengaruh yang berkembang dari kebiasaan dan praktik pemakaman Mesir Kuno. Setelah sekitar 100 tahun memerintah, kendali atas Mesir dan wilayahnya berakhir setelah penaklukan Asyur yang menempatkan penguasa asli Mesir, Psamtik I di atas takhta. (Baca juga; Arkeolog Temukan Kuil Matahari yang Hilang di Mesir )

Peradaban Kushite berlanjut selama beberapa abad sampai serangkaian perang dengan Kekaisaran Romawi sekitar abad ke-1 hingga ke-2 M mengakibat kelumpuhan pemerintahan kerajaan dan menyebabkan penurunan bertahap. Pada pertengahan abad ke-6 M, Kerajaan Kush akhirnya benar-benar dibubarkan.

Para arkeolog telah mencatat lebih dari 255 piramida, dibangun di empat situs lapangan piramida kerajaan di Nubia (El-Kurru, Nuri, Meroe dan Jebel Barkal atau Gebel Barkal). Baru-baru ini bidang piramida keempat dari sekitar 35 piramida kecil ditemukan oleh para arkeolog di dekat Sedeinga. Piramida Sedeinga dibangun terutama untuk warga negara yang kaya.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1748 seconds (11.97#12.26)