Arktik Mencair, Ahli Sebut Virus Purba Ini Lebih Menakutkan

Kamis, 16 Desember 2021 - 08:59 WIB
Arktik Mencair, Ahli Sebut Virus Purba Ini Lebih Menakutkan
Bakteri dan Virus purba yang lama membeku, kini terlepas karena es Arktik mencair. . FOTO/ IST
ALASKA - Para ahli memperingatkan pandemi baru yang lebih mematikan dapat dipicu oleh fenomena perubahan iklim di Samudra Arktik. Bakteri dan Virus purba yang lama membeku, kini terlepas karena es Arktik mencair.

Seperti dilansir dari Daily, Kamis (16/12/2021), Menurut para ahli, mencairnya es di Samudra Arktik akan menyebabkan virus dan bakteri purba yang telah dibekukan selama sejuta tahun akan 'melepas'.

Peneliti senior di Russian Academy of Sciences, North East Research and Experimental Station di desa Chersky, Sergei Davydov memperingatkan bahwa lapisan es sekarang mencair dengan cepat.

“Kami telah melakukan penelitian selama lebih dari 30 tahun, sejak tahun 1990. Jumlah metana di atmosfer meningkat signifikan seperti yang kita ketahui dari data analis gas," katanya.

Davydov juga memperingatkan bahwa permafrost belum mencair sejak jutaan tahun lalu dan virus purba yang belum pernah terpapar udara sejak sebelum manusia modern berevolusi akan dimusnahkan.

Sementara itu, Diplomat Senior Rusia Nikolay Korchunov mengatakan kepada saluran televisi TV Zvezda bahwa pemerintah negara itu telah mengusulkan proyek keamanan hayati ke Dewan Arktik sebagai tindakan pencegahan terhadap bahaya yang ditimbulkan oleh pencairan lapisan es.

“Ada risiko munculnya virus dan bakteri purba. Oleh karena itu, Rusia telah memulai 'proyek bio-keamanan di Dewan Arktik,' ”katanya.

Dia menambahkan bahwa proyek baru akan menilai berbagai 'risiko dan bahaya' yang berpotensi menyebabkan pelepasan penyakit menular di masa depan.