Panda Terbesar di Dunia, Habitat Ada di Sichuan China

Kamis, 16 Desember 2021 - 16:19 WIB
loading...
Panda Terbesar di Dunia, Habitat Ada di Sichuan China
Suaka panda terbesar ada di Pegunungan Qionglai dan Jiajin di Provinsi Sichuan, China, yang dikenal sebagai merupakan habitat terbesar panda raksasa (Ailuropoda melanoleuca). Foto/blooloop
A A A
PANDA terbesar di dunia yang pernah tercatat memiliki ukuran panjang tubuh sekitar 120-150 centimeter. Panda rata-rata memiliki berat badan bervariasi dari 75-160 kilogram. Panda raksasa sangat mirip dengan beruang, tetapi memiliki tubuh yang lebih kecil baik ukuran maupun beratnya.

Dikutip dari laman liveanimalslist, panda terbesar di dunia ini biasanya hanya hidup di pegunungan tinggi atau bagian dunia yang terisolasi khususnya di China . Suaka panda terbesar ada di Pegunungan Qionglai dan Jiajin di Provinsi Sichuan, China, yang dikenal sebagai merupakan habitat terbesar panda raksasa (Ailuropoda melanoleuca).

Lebih dari 30% populasi panda dunia tinggal di jaringan cagar alam dan taman indah seluas 9.245 kilometer persegi. Daerah ini terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2006. (Baca juga; Kelahiran Bayi Kancil dari Jawa Bikin Heboh Polandia, Panjang 10 Cm dan Berat 1,5 Kg )

Panda raksasa adalah karnivora dan hewan yang sangat terestrial dan tidak membiarkan hewan atau manusia lain mendekat. Mereka biasanya ditemukan di ladang bambu dan mereka memakan 99% bambu. (Baca juga; Setelah 50 Tahun, Jejak Harimau Amur Kembali Ditemukan di Siberia )

Namun, ketika bambu tidak tersedia, mereka juga memakan madu, buah-buahan yang berbeda, madu dan ikan. Terlepas dari ukuran dan beratnya, mereka dapat dengan mudah memanjat pohon dan gunung untuk mencari makanan.

Mereka dapat memakan tumbuhan lain atau berburu mamalia kecil untuk makanan, tetapi banyak panda menderita kelaparan jika panen bambu gagal. Dari statistik tahun 2007, tercatat 239 panda telah ditemukan di 27 negara termasuk China. Tetapi peneliti lain memperkirakan bahwa hampir 1.590 panda dapat ditemukan di alam liar.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5033 seconds (0.1#10.140)