Senin, 20 Desember 2021 - 14:07 WIB
8 Prediksi Kiamat dari Pandangan Ilmu Pengetahuan
Para ilmuwan memperkirakan ada 8 penyebab kiamat, mulai dari jamur pandemi, perang nuklir, hingga pemberontakan robot. Foto/livescience
BANYAK ilmuwan khawatir tentang skenario berbahaya tentang terjadinya kiamat atau kehancuran Bumi. Para ilmuwan memperkirakan ada 8 penyebab kiamat, mulai dari jamur pandemi hingga pemberontakan robot, berikut selengkapnya:

1. Pemanasan Global
8 Prediksi Kiamat dari Pandangan Ilmu Pengetahuan

Dari semua kekhawatiran tentang kiamat, perubahan iklim adalah ancaman terbesar yang dihadapi planet Bumi. Perubahan iklim dapat membuat cuaca ekstrem menjadi lebih parah, meningkatkan kekeringan di beberapa daerah, mengubah distribusi hewan dan penyakit di seluruh dunia, dan menyebabkan daerah dataran rendah di planet ini tenggelam akibat kenaikan permukaan laut.

Rangkaian perubahan dapat menyebabkan ketidakstabilan politik, kekeringan parah, kelaparan, keruntuhan ekosistem, dan perubahan lain yang membuat Bumi menjadi tempat yang sangat tidak ramah untuk ditinggali. (Baca juga; Dalam 5 Tahun Gletser Kiamat Ini Bakal Runtuh, Permukaan Laut Naik 65 Sentimeter )

2. Asteroid
8 Prediksi Kiamat dari Pandangan Ilmu Pengetahuan

Para ilmuwan khawatir terhadap batu ruang angkasa yang dapat memusnahkan Bumi. Dalam peristiwa Tunguska sebuah meteor menghancurkan dinosaurus dan merusak sekitar 2.000 kilometer persegi hutan Siberia pada tahun 1908. Dari begitu banyak asteroid di luar angkasa, baru sedikit yang diketahui para ilmuwan. (Baca juga; 6 Asteroid yang Melintas Dekat dan Mengancam Bumi Sepanjang 2021 )

3. Pandemi Penyakit
8 Prediksi Kiamat dari Pandangan Ilmu Pengetahuan

Patogen mematikan baru muncul setiap tahun: Pandemi baru-baru ini mencakup wabah SARS (sindrom pernapasan akut parah), flu burung, dan, yang terbaru, virus corona. Dan koneksi ekonomi global yang sangat saling berhubungan, penyakit mematikan dapat menyebar cepat seperti api. (Baca juga; Varian Omicron Jauh Lebih Menular Dibanding Delta, Ini Penjelasannya )

4. Rekayasa Bencana
8 Prediksi Kiamat dari Pandangan Ilmu Pengetahuan

Penyakit alami bukan satu-satunya yang harus ditakuti. Pada tahun 2011, komunitas ilmiah marah karena para peneliti telah merekayasa versi mutan dari flu burung H5N1 yang dapat ditularkan pada musang melalui udara. Hasilnya memicu kekhawatiran bahwa penyakit mematikan yang direkayasa dapat secara tidak sengaja keluar dari laboratorium atau sengaja dilepaskan, yang mengarah ke pandemi global.

Selain ancaman bakteri berbahaya, ancaman jamur lebih menakutkan. Jamur yang sama fatalnya pada manusia akan menjadi bencana besar. Dan meskipun bakteri mematikan, antibiotik berlimpah. Sebagai perbandingan, kita tahu lebih sedikit tentang pengobatan infeksi jamur. (Baca juga; Benarkah Amerika Serikat Danai Rekayasa Covid-19 di Wuhan? )

5. Perang Nuklir
8 Prediksi Kiamat dari Pandangan Ilmu Pengetahuan

Banyak ilmuwan masih khawatir tentang ancaman akhir dunia klasik: perang nuklir global. Persediaan besar senjata nuklir di seluruh dunia dapat mendatangkan kehancuran jika mereka jatuh ke tangan yang salah. (Baca juga; Desakan AS Mengebom Nuklir Rusia Dinilai Gila dan Sadis )

Tahun lalu, Buletin Ilmuwan Atom, sebuah majalah nonteknis tentang keamanan global yang didirikan pada tahun 1945 oleh mantan fisikawan proyek Manhattan, memindahkan Jam Kiamat, pada lima menit ke tengah malam. Jam Kiamat menunjukkan seberapa dekat umat manusia dengan kehancuran melalui senjata nuklir atau biologi atau perubahan iklim global.

6. Robot Pembunuh