2 Taikonot Shenzhou-13 Selesaikan Misi Spacewalk Selama 6 Jam

Senin, 27 Desember 2021 - 07:38 WIB
loading...
2 Taikonot Shenzhou-13 Selesaikan Misi Spacewalk Selama 6 Jam
Dua Taikonot Shenzhou-13, Ye Guangfu dan Zhai Zhigang, memulai aktivitas ekstravehicular (EVA) selama 6 jam di luar modul stasiun ruang angkasa Tianhe China pada Minggu (26/12/2021). Foto/spacenews
A A A
Dua Taikonot Shenzhou-13, Ye Guangfu dan Zhai Zhigang, memulai aktivitas ekstravehicular (EVA) atau spacewalk selama 6 jam. Mereka melakukan misi untuk memasang peralatan di luar modul stasiun ruang angkasa Tianhe China pada Minggu (26/12/2021).

Taikonot Ye Guangfu mengenakan setelan EVA Fetian dengan tanda kuning, membuka pintu airlock Tianhe pada pukul 5:44 pagi. Komandan misi Zhai Zhigang, mengenakan tanda merah pada setelan EVA Feitiannya, mengikuti rekannya keluar pada pukul 6:37 pagi.

Kedua Taikonot itu memasang kamera panorama ketiga di luar Tianhe, melakukan pengujian peralatan lebih lanjut, dan membuat persiapan untuk misi masa depan. Sedangkan Wang Yaping, anggota kru Shenzhou-13 lainnya membantu dua rekannya dari dalam Tianhe, mengoperasikan lengan robot besar modul. Operasi selesai pada pukul 11:55. (Baca juga; Wang Yaping, Taikonot Wanita Pertama China yang Melaksanakan Misi Space Walk )

Dikutip dari laman spacenews, misi spacewalk tersebut merupakan yang keempat kali sejak peluncuran modul inti Tianhe pada April 2021. Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA) menjelaskan bagi Ye Guangfu ini merupakan misi spacewalk pertama.

Sebelumna dia membantu Zhai Zhigang dan Wang Yaping dari dalam Tianhe selama EVA Shenzhou-13 pertama 7 November 2021. Zhai menjadi warga negara China pertama yang melakukan spacewalk selama misi Shenzhou-7 tahun 2008. (Baca juga; Taikonot Wang Yaping Pamer Foto dari Luar Angkasa )

Media pemerintah China menyiarkan sebagian dari misi spacewalk, termasuk liputan bahasa Inggris dari CGTN. Pihak berwenang sebelumnya membatasi penerbitan video dan citra dari misi Shenzhou-12 dan Shenzhou-13 pada pekan pertama.

China tahun depan akan melakukan tes serupa melibatkan pesawat ruang angkasa kargo Tianzhou yang saat ini berlabuh di Tianhe. China juga akan meluncurkan dua modul baru yang dirancang untuk menjadi tuan rumah penelitian sains.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3149 seconds (0.1#10.140)