Taikonot Wang Yaping Pamer Foto dari Luar Angkasa

Minggu, 28 November 2021 - 19:42 WIB
loading...
Taikonot Wang Yaping Pamer Foto dari Luar Angkasa
Taikonot wanita Wang Yaping memamerkan foto saat bertugas di luar angkasa dari modul inti Tianhe. Foto/space.com
TAIKONOT wanita Wang Yaping memamerkan beberapa foto saat bertugas di luar angkasa dan penampakan permukaan bumi yang diambil dari modul inti Tianhe. Dikutip dari laman space.com ada 4 foto yang ditampilkan, 2 foto ketika Wang Yaping bertugas di modul inti Tianhe dan 2 foto permukaan bumi.

2 foto permukaan bumi yang diambil oleh Wang pada 18 November 2021 menunjukkan danau Qinghai dan barisan pegunungan yang mengarah ke timur menuju Laut Cina Timur. Sedang 2 foto Wang yang melayang tanpa gravitasi dan memegang apel di dalam modul Tianhe diabadikan dua rekannya komandan Zhai Zhigang dan Ye Guangfu.

Wang Yaping adalah veteran misi Shenzhou 10 pada tahun 2013 yang dikirim ke laboratorium ruang angkasa Tiangong 1 yang lebih kecil dibandingkan modul Tianhe. Selama misi dua minggu di Tiangong 1, Wang menyampaikan kuliah langsung tentang fisika luar angkasa kepada muridnya dan diikuti juga jutaan siswa sekolah China melalui siaran langsung.
Taikonot Wang Yaping Pamer Foto dari Luar Angkasa

Wang Yaping bersama dua rekannya Zhai Zhigang dan Ye Guangfu diluncurkan ke luar angkasa dengan pesawat ruang angkasa Shenzhou 13 pada tanggal 15 Oktober 2021. Wang menjadi taikonot wanita China pertama yang memulai aktivitas ekstravehicular atau spacewalk pada 7 November 2021. (Baca juga; Wang Yaping, Taikonot Wanita Pertama China yang Melaksanakan Misi Space Walk )

Diperkirakan Wang dan dua rekannya akan melakukan tugas serupa di beberapa titik selama enam bulan dalam misi Shenzhou 13. Tugas kru Shenzhou 13 termasuk menguji dan mempersiapkan modul Tianhe untuk menerima modul baru tahun depan, serta melakukan sejumlah eksperimen lain.



Misi kru Shenzhou 13 tersebut merupakan kelanjutan misi kru Shenzhou 12 yang bertugas selama tiga bulan sejak diuncurkan Juni 2021. Kru Shenzou 12 juga berjumlah tiga orang, yaitu Nie Haisheng, Liu Boming, dan Tang Hongbo. (Baca juga; Shenzhou 12 China Bersiap Angkut Astronot ke Stasiun Luar Angkasa Tianhe )

Nie Haisheng, Liu Boming, dan Tang Hongbo juga sempat mengabadikan serangkaian gambar Bumi yang menakjubkan menggunakan smartphone yang dibawa ke luar angkasa. Sementara itu di Gurun Gobi, Shenzhou 14 dan roket Long March 2F sudah hampir siap jika terjadi keadaan darurat untuk meluncur ke modul Tianhe.
(wib)
KOMENTAR ANDA