10 Penemuan Arkeologi Paling Spektakuler Sepanjang 2021

Selasa, 28 Desember 2021 - 09:01 WIB
loading...
10 Penemuan Arkeologi Paling Spektakuler Sepanjang 2021
Kota Emas yang Hilang telah terkubur di bawah Luxor selama 3.000 tahun terakhir. Foto: dok/Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir
A A A
JAKARTA - Sepanjang 2021, sejumlah arkeolog dunia menemukan sejumlah peninggalan kuno spektakuler yang mengubah pandangan dunia tentang zaman kuno. Bahkan salah satu penemuan tersebut menjadi yang terbesar sepanjang abad 21 ini.

Beberapa penemuan itu diantaranya, kota emas yang hilang dan geoglyph besar di India. Arkeolog juga menemukan bukti penyaliban yang dilakukan oleh Romawi kuno terhadap seorang budak.

Berikut 10 penemuan arkeologi paling spektakuler yang dikutip dari Live Science:

1. Kota Emas yang Hilang

Para arkeolog telah menemukan "Kota Emas yang Hilang" di dekat Luxor (Thebes kuno) di Mesir. Kota ini dikenal sebagai "The Rise of Aten" dan didirikan oleh firaun Amenhotep III, yang memerintah antara 1391 dan 1353 SM.



Kota ini memiliki banyak rumah, gedung administrasi, toko roti besar, area produksi batu bata lumpur dan beberapa pemakaman. Dokumen sejarah menunjukkan bahwa Amenhotep III memiliki tiga istana kerajaan di kota, dan penggalian arkeologi sedang berlangsung.

Keberadaan kota ini diketahui dari catatan sejarah namun baru ditemukan pada tahun ini. "Banyak misi asing mencari kota ini dan tidak pernah menemukannya," kata Zahi Hawass, mantan menteri negara urusan barang antik dan arkeolog yang memimpin penggalian Kota Emas.

2. Penyaliban Romawi

Di Cambridgeshire, Inggris, para arkeolog menemukan tubuh seorang pria yang disalibkan ketika dia berusia antara 25 dan 35 tahun. Sebuah paku ditemukan menembus setidaknya salah satu tulang tumitnya.

Selama penyaliban tangannya akan diikat ke salib; posisi ini menempatkan dia di kemungkinan menyebabkan dia mati lemas.

Para arkeolog menemukan bahwa tulang kakinya tipis, yang berarti bahwa ia kemungkinan telah dibelenggu ke dinding untuk waktu yang lama sebelum penyalibannya.

Tanggal penguburan ke abad ketiga atau keempat dan pria itu mungkin adalah seorang budak. Sangat sedikit contoh penyaliban yang ditemukan dari Kekaisaran Romawi dalam penggalian arkeologis.

3. Peta Tertua di Eropa

Serangkaian ukiran pada lempengan batu berusia 4.000 tahun di Prancis sebenarnya adalah peta tertua di Eropa, demikian temuan para peneliti. Lempengan itu memiliki serangkaian garis yang mewakili Sungai Odet dan lembah sekitarnya di Prancis barat — area seluas sekitar 18,6 mil kali 13 mil (30 kilometer kali 21 km), kata para peneliti.

Lempengan batu itu sebenarnya ditemukan pada tahun 1900. Sebuah studi baru-baru ini tentang ukiran, yang menggunakan fotogrametri untuk membuat gambar 3D yang sangat rinci dari lempengan itu, mengungkapkan bahwa ukiran itu membentuk peta. Ini mungkin telah digunakan oleh seorang pangeran atau raja untuk menggambarkan wilayah yang mereka kuasai.



4. Kuburan Kuno Sepasang Suami-istri

Sekitar 1.500 tahun yang lalu, sepasang suami istri dikuburkan bersama dalam pelukan penuh kasih. Ketika para arkeolog menemukan jasad mereka, pelukan mereka masih utuh meski waktu berlalu.

"Ini adalah [pasangan] pertama yang ditemukan dalam pelukan cinta, seperti itu, di mana saja kapan saja di China," pemimpin peneliti studi Qian Wang, seorang profesor di Departemen Ilmu Biomedis di Texas A&M College of Dentistry, mengatakan kepada Live Science di email.

Pria itu berusia antara 29-35 tahun dan mengalami beberapa luka, termasuk patah lengan dan kehilangan jari di tangan kanannya. Wanita itu berusia antara 35-40 tahun dan memiliki beberapa gigi berlubang tetapi tidak ada luka yang terlihat.

Para peneliti berspekulasi bahwa setelah pria itu meninggal, wanita itu mungkin telah bunuh diri agar lebih mudah dikubur dalam pelukan penuh kasih.

5. Parade Berusia 11.000 Tahun

Situs prasejarah berusia 11.000 tahun di Turki yang sekarang disebut Karahantepe digunakan untuk parade prasejarah yang melihat orang-orang berjalan melalui sebuah bangunan yang berisi pilar berbentuk lingga dan ukiran kepala manusia.

"Semua pilar didirikan dan berbentuk seperti lingga," Necmi Karul, seorang profesor arkeologi prasejarah di Universitas Istanbul, menulis dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Türk Arkeoloji ve Etnografya Dergisi.

Bangunan ini merupakan bagian dari kompleks yang lebih besar. Penggalian di situs dimulai pada 2019 dan sedang berlangsung.

Situs ini berasal dari waktu yang sama dengan Gobekli Tepe, situs arkeologi lain yang memiliki bangunan besar dan ukiran hewan dan kepala manusia. Kedua situs tersebut adalah dua situs monumental tertua yang diketahui dibangun oleh manusia.

6. Monumen Perang Tertua

Sebuah kuburan berusia 4.300 tahun di Suriah, di situs Tell Banat, mungkin merupakan monumen perang tertua di dunia, kata para arkeolog. Ini berisi mayat setidaknya 30 prajurit bersama dengan equid dan pelet.

Para arkeolog menemukan bahwa tentara dengan kuda-kuda cenderung dikelompokkan di wilayah yang berbeda dengan tentara dengan peluru seolah-olah mereka adalah bagian dari unit yang berbeda.

Prasasti-prasasti kuno di Mesopotamia menyebutkan bagaimana mayat-mayat korban perang ditumpuk menjadi sebuah struktur yang sangat terorganisir.



Orang-orang yang tinggal di daerah itu di zaman modern menyebut gundukan itu sebagai "monumen putih" karena gipsum monumen menyebabkannya berkilau di bawah sinar matahari, tulis para arkeolog.

Penemuan itu menunjukkan "bahwa orang-orang kuno menghormati mereka yang tewas dalam pertempuran, sama seperti kita," Anne Porter, seorang profesor Peradaban Timur Dekat dan Timur Tengah kuno di Universitas Toronto.

7. Manusia Naga

Ilmuwan di China melaporkan penemuan spesies manusia baru yang mereka sebut Homo longi yang berarti "Manusia Naga". Ini diketahui dari tengkorak yang ditemukan pada tahun 1933 tetapi disembunyikan di dalam sumur selama pendudukan Jepang di Cina di mana ia tetap selama 85 tahun sampai ditemukan kembali dan dipelajari.

Tengkorak itu adalah tengkorak Homo besar yang diketahui ada dan penelitian menunjukkan bahwa Manusia Naga mungkin adalah spesies yang paling dekat dengan Homo sapiens.

Tidak jelas kapan tepatnya Manusia Naga pertama kali muncul dan kapan punah, tetapi tengkorak itu sendiri berasal dari sekitar 309.000 dan 138.000 tahun yang lalu, para ilmuwan menemukan.

Beberapa ilmuwan mempertanyakan apakah Manusia Naga sebenarnya adalah spesies manusia baru dan berspekulasi bahwa tengkorak itu mungkin milik Denisovan, hominid yang memiliki sedikit fosil yang diketahui.

8. Gambar Hantu Tertua

Hampir tidak terlihat dengan mata telanjang, seorang kurator museum mengidentifikasi ukiran pada tablet Babilonia berusia 3.500 tahun sebagai penggambaran hantu tertua yang diketahui. Hantu laki-laki, memiliki janggut dan tampak pemarah saat dia dibawa, dengan tali, ke dunia bawah oleh seorang wanita.

Tablet itu memiliki mantra di atasnya yang dimaksudkan untuk mengusir hantu. Mantra itu memindahkan hantu menjadi patung dan memanggil dewa matahari Shamash untuk membantu hantu itu melewati alam baka.

Baris terakhir dari ritual memperingatkan "jangan melihat ke belakang." Tablet itu ada di British Museum, yang diperoleh pada abad ke-19, tetapi hantu itu tidak terlihat sampai saat ini.

9. Pemakaman Hewan Peliharaan Tertua di Dunia

Sebuah pemakaman hewan peliharaan berusia 2.000 tahun yang mungkin merupakan contoh tertua yang diketahui di dunia ditemukan di Berenice, sebuah pelabuhan di pantai Laut Merah Mesir.

Hewan-hewan yang dikuburkan di pemakaman ini tampaknya telah mati secara alami dan diperlakukan dengan penuh kasih. Di situs lain di Mesir yang memiliki penguburan hewan, hewan sering dikorbankan.



Di pemakaman hewan peliharaan, para arkeolog menemukan berbagai hewan termasuk seekor anjing besar yang dibungkus tikar dari daun palem. Mereka juga termasuk anjing dan kucing ompong yang sangat tua ketika mereka mati dan mungkin membutuhkan bantuan dari pemiliknya untuk makan.

"Penemuan kami menunjukkan bahwa kita manusia memiliki kebutuhan yang mendalam untuk persahabatan dengan hewan," kata pemimpin peneliti Marta Osypińska, seorang ahli arkeolog di Akademi Ilmu Pengetahuan Polandia di Warsawa.

10. Geoglyph Besar di India

Sebuah geoglyph besar, mungkin terbesar di dunia, ditemukan di Gurun Thar di India, meliputi area seluas sekitar 20,8 hektare di dekat perbatasan India dengan Pakistan. Ini terdiri dari beberapa spiral dan garis meliuk-liuk yang bolak-balik.

Pendakian di sepanjang garis geoglyph akan menempuh perjalanan sejauh 48 kilometer. Geoglyph diperkirakan berusia sekitar 150 tahun, tetapi tujuannya tidak jelas.

Geoglyph sulit dilihat dari tanah, dan pertama kali terdeteksi oleh tim ilmuwan yang menganalisis lanskap menggunakan Google Earth.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2039 seconds (0.1#10.140)