Negara-negara Tempat Habitat Buaya Terbesar di Dunia

Minggu, 02 Januari 2022 - 21:02 WIB
Negara-negara Tempat Habitat Buaya Terbesar di Dunia
Negara-negara tempat habitat buaya terbesar di dunia yang sangat ganas. FOTO/ IST
JAKARTA - Negara-negara tempat habitat buaya terbesar di dunia sebagian hewan reptil raksasa ini tinggal di kawasan Asia. Buaya muara merupakan buaya terbesar, terpanjang, dan terganas dibanding dengan spesies buaya lainnya.

Buaya yang bisa mencapai panjang 12 meter tercata hanya tinggal di negara-negara yang memiliki huta tropis saja seperti Australia, Bangladesh, Brunei Darussalam, Filipina, India, Indonesia, Kamboja, Kepulauan Solomon, Malaysia, Myanmar, Palau, Papua New Guinea, Sri Lanka, Vanuatu, dan Vietnam.

Populasinya di seluruh dunia diperkirakan antara 20.000 hingga 30.000 ekor. Berikut ini beberapa negara tempat habital buaya terbesar di dunia.

1. Buaya Kolombia

Buaya Orinoco adalah spesies buaya besar dengan moncong yang relatif memanjang dan warna cokelat pucat dengan marking coklat tua yang tersebar. Mereka utamanya tinggal di Cekungan Orinoco.

Meski memiliki moncong yang agak sempit, mereka memangsa beragam vertebrata, termasuk mamalia besar. Buaya Orinoco adalah spesies yang terancam punah.

2. Buaya Sungai Nil

Buaya Nil adalah spesies besar dan agresif dengan moncong besar, terutama pada hewan yang lebih tua. Mereka memiliki warna perunggu gelap dan semakin gelap saat dewasa. Mereka hidup di berbagai habitat air tawar, tetapi juga bisa ditemukan di air payau.

Buaya Nil adalah predator puncak yang mampu memangsa beragam vertebrata Afrika, termasuk ungulat (hewan berukuku) dan predator berukuran besar lainnya. Spesies ini terdaftar sebagai Berisiko Rendah.