8 Hari di Luar Angkasa, Dennis Tito Jadi Turis Pertama ke Antariksa

Selasa, 04 Januari 2022 - 17:45 WIB
loading...
8 Hari di Luar Angkasa, Dennis Tito Jadi Turis Pertama ke Antariksa
Dennis Tito menjadi orang pertama yang berplesiran ke luar angkasa pada 28 April 2001. Foto/cnn
A A A
JAKARTA - Dennis Tito menjadi orang pertama yang berplesiran ke luar angkasa . Multi jutawan asal Amerika Serikat ini pergi ke luar angkasa sebagai turis perdana pada 28 April 2001.

Melansir dari berbagai sumber, delapan hari di luar angkasa, Tito kala itu menghabiskan uang lebih dari USD20 juta atau sekitar Rp309,8 miliar. Ia pun mengaku senang dapat melihat Bumi dari luar angkasa.

"Jadi sama sekali tidak ada kekhawatiran - itu benar-benar perasaan yang baik dan gembira bahwa akhirnya hari itu datang," kata Dennis seperti dilansir BBC.



Peluncuran Tito ke luar angkasa sempat berpolemik. NASA sebagai otoritas penerbangan ke angkasa Amerika Serikat sempat menolak penerbangan Tito, karena dia bukan Astronot. Karena itulah Rusia mengambil alih dan mengantarkan Tito ke luar angkasa setelah kesepakatan Space Adventures dilakukan 2000.



Ia kemudian kembali ke Bumi dan meluncur mulus di Kazakhtan atau bagian selatan Rusia. Dari perjalanan ini puluhan tahun kemudian munculah ide menjadikan antariksa sebagai wisata perjalanan.

Insinyur Multimiliuner

Dilansir dari Wikipedia, Dennis Anthony Tito lahir pada 8 Agustus 1940 merupakan seorang insinyur yang memiliki kekayaan triliunan dolar. Sumber kekayaannya salah satunya dari firma Wilshire Associates yang mengurusi aset jutawaan dunia.

Ketertarikannya terhadap angkasa luar telah tumbuh sejak lama, bahkan sedari kecil dirinya telah bercita cita ke luar angkasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2262 seconds (0.1#10.140)