Sabtu, 08 Januari 2022 - 07:27 WIB
Teleskop James Webb Menyusun Cermin Utama, Bagian Sayap Kiri Sudah Terpasang
Teleskop Luar Angkasa James Webb mulai menyusun cermin utama yang terdiri dari 18 panel heksagonal berlapis emas. Foto/NASA
Teleskop Luar Angkasa James Webb mulai menyusun cermin utama yang terdiri dari 18 panel heksagonal berlapis emas. Bagian sayap kiri cermin utama yang terdiri dari tiga panel sudah terbuka dan terpasang pada hari Jumat 7 Januari 2022.

"Cermin utama ikonik Teleskop James Webb mulai terpasang. Hari ini, sayap pertama bagian kiri dari dua sayap cermin utama, atau panel samping, berhasil dipasang," tulis pejabat NASA dalam sebuah pernyataan dikutip SINDOnews dari laman space.com, Sabtu (8/1/2022).

Setelah panel sayap kiri dari cermin utama terpasang, anggota tim akan mengulangi proses serupa untuk panel cermin sayap kanan. Pemasangan dua panel sayap kiri dan kanan cermin utama Teleskop James Webb menandai langkah-langkah besar yang sedang berlangsung untuk observatorium penelitian luar angkasa ini.
Teleskop James Webb Menyusun Cermin Utama, Bagian Sayap Kiri Sudah Terpasang

Cermin utama Teleskop James Webb akan membentang sepanjang 6,5 meter (21 kaki). Dalam beberapa hari mendatang, posisi 18 segmen cermin utama yang masing-masing dikendalikan oleh tujuh aktuator, diatur sedemikian rupa. (Baca juga; Teleskop James Webb Membuka Cermin Sekunder Pertamanya )

Tim yang bertugas akan terus menyesuaikan segmen cermin selama proses komisioning yang memakan waktu lima bulan. Sampai bentuk cermin utama Teleskop James Webb yang terdiri dari 18 bingkai heksagonal berlapis emas ini menjadi satu bagian yang utuh. (Baca juga; Pelindung Matahari Teleskop James Webb Terbuka Sempurna, Selanjutnya Pemasangan Cermin Utama )

Observatorium Teleskop James Webb juga memiliki sekitar dua minggu perjalanan sebelum mencapai titik Lagrange Bumi-matahari 2, atau L2 untuk tempat mengorbit. Orbit L2 terletak hampir 1 juta mil (sekitar 1,5 juta kilometer) dari Bumi di sisi yang berlawanan dengan matahari.

Hampir dua minggu setelah peluncuran dari Pusat Antariksa Guyana di Kourou, Guyana, Prancis, pada 25 Desember 2021, manuver observatorium yang membawa teleskop hampir mendekati bentuk akhirnya. Observatorium Teleskop James Webb segera menyalakan roket pendorong ketiga untuk mencapai orbit.