Kamis, 06 Januari 2022 - 10:30 WIB
Teleskop James Webb Membuka Cermin Sekunder Pertamanya
Teleskop Luar Angkasa James Webb memulai membuka cermin pertamanya setelah sehari sebelumnya berhasil memasang pelindung matahari atau sunshield. Foto/nasa/space.com
TELESKOP Luar Angkasa James Webb memulai membuka cermin pertamanya setelah sehari sebelumnya berhasil memasang pelindung matahari atau sunshield. Wahana Luar Angkasa James Webb mulai memasang cermin sekunder berlengan panjang.

Cermin sekunder selebar 0,74 meter (2,4 kaki) terpasang pada tripod di seberang cermin utama. Tugasnya adalah memusatkan cahaya yang dikumpulkan oleh cermin utama berlapis emas ke dalam lubang di tengah cermin utama. Melalui lubang ini, cahaya mencapai cermin ketiga, yang memantulkannya ke instrumen teleskop.

Cermin sekunder disimpan di atas cermin utama, melekat pada tiga kaki sepanjang 8 meter (26 kaki) yang membentuk tripod pendukungnya. Pada Rabu 5 Januari 2021, operator di pusat operasi Webb di Space Telescope Science Institute di Baltimore melepaskan kait yang mengamankan kaki di tempatnya selama peluncuran.

Setelah pertama kali melakukan gerakan yang sangat kecil untuk memastikan motor bekerja dengan baik, mereka kemudian memulai prosedur penerapan, yang melihat kaki memanjang dan jatuh ke tempatnya selama 10 menit. NASA menyiarkan manuver itu secara langsung melalui saluran TV-nya.

"Ini luar biasa. Kami sekarang berada pada titik di mana kami berada sekitar 600.000 mil [1 juta kilometer] dari Bumi, dan kami benar-benar memiliki teleskop," Bill Ochs, manajer proyek Teleskop Luar Angkasa James Webb di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland dikutip SINDOnews dari laman space.com, Kamis (6/1/2022).

Cermin sekunder sudah terpasang sekitar pukul 11:30 waktu setempat. Kemudian operator mengambil alih selama 30 menit untuk mengunci tripod di tempatnya dengan beberapa kait. Ini untuk memastikannya tetap stabil selama setidaknya sepuluh tahun misi Teleskop James Webb.

“Setelah terkunci, itu selesai dan kami tidak akan pernah kembali dan menyesuaikan ini lagi. Jadi, selamat untuk semuanya," tambah Julie van Campen, Deputi Manajer Komisioning Teleskop James Webb dari NASA Goddard. (Baca juga; Pelindung Matahari Teleskop James Webb Terbuka Sempurna, Selanjutnya Pemasangan Cermin Utama )

Selanjutnya pada Kamis (6 Januari 2022), operator akan membongkar radiator di bagian belakang teleskop, yang dirancang untuk menghilangkan panas dari instrumen. Mereka kemudian akan beralih ke perakitan cermin utama 6,4 meter (21 kaki), yang masih terlipat.

"Dalam 12 hari pertama setelah peluncuran, kami fokus pada penyebaran sistem pesawat ruang angkasa seperti susunan surya, sistem komunikasi, dan pelindung matahari. Hari ini, kami telah mengganti persneling dan pindah ke elemen optik teleskop. Kemudian, di bagian akhir commissioning, kami akan mengganti persneling lagi dan fokus pada instrumen sains," tambah Julie van Campen.
Teleskop James Webb Membuka Cermin Sekunder Pertamanya

Teleskop James Webb sedang dalam perjalanan menuju orbit ke titik Lagrange 2 Bumi-matahari sekitar 1,5 juta km jauhnya dari Bumi. Teleskop James Webb yang menghabiskan anggaran USD10 miliar ditargetkan mencapai tujuannya pada akhir Januari 2022.

Di orbit titik L2, Teleskop James Webb akan mengorbit pada matahari dengan posisi di balik Bumi. Posisi Teleskop James Webb stabil oleh interaksi halus gaya gravitasi kedua benda tersebut. (Baca juga; Ini Fungsi Pelindung Matahari pada Teleskop James Webb )