6 Aligator Terbesar di Dunia yang Pernah Ditangkap, Ada yang Panjangnya 5 Meter

Senin, 10 Januari 2022 - 15:11 WIB
loading...
6 Aligator Terbesar di Dunia yang Pernah Ditangkap, Ada yang Panjangnya 5 Meter
Aligator terbesar di dunia pernah tercatat adalah berukuran 5,85 meter (19,2 kaki) dan beratnya 2.000 pon. Meskipun tidak pernah ditangkap, Aligator terbesar ini ditemukan pada tahun 1890 di Pulau Marsh, Louisiana. Foto/dailymail
A A A
ALIGATOR terbesar di dunia pernah tercatat adalah berukuran 5,85 meter (19,2 kaki) dan beratnya 2.000 pon. Meskipun tidak pernah ditangkap, Aligator terbesar ini ditemukan pada tahun 1890 di Pulau Marsh, Louisiana.

Kemudian Aligator besar itu di Teluk Vermilion di Louisiana Selatan. Namun, karena ditemukan pada akhir abad ke-19, banyak ahli mengatakan bahwa kepastian ukurannya sulit untuk diverifikasi. Apalagi di luar Pulau Marsh, Louisiana, ada banyak laporan lain yang belum dikonfirmasi tentang penemuan Aligator terbesar dengan panjang lebih dari 20 kaki (6,09 meter).

Pada tahun 2006, foto Aligator yang diduga berukuran panjang 23 kaki (7 meter) menjadi fenomena dan viral di internet. Namun, setelah itu, foto yang menyebabkan kegemparan itu diketahui adalah foto buaya setinggi 13 kaki yang ditembak di West Columbia, Texas, pada tahun yang sama. (Baca juga; Apa Perbedaan Buaya dan Aligator? )

Aligator di Amerika Serikat (Alligator mississippiensis) saat dewasa rata-rata tumbuh dengan panjang sekitar 13-14 kaki (3,9 meter sampai 4,2 meter). Sedangkan Aligator betina sedikit lebih kecil, rata-rata 8,5 kaki (2,6 meter). Namun ukuran Aligator masih kalah besar jika dibandingkan dengan buaya air asin.

Satu-satunya spesies Aligator lain di planet ini, adalah Aligator China (Alligator sinensis). Biasanya , Aligator di China tumbuh rata-rata sepanjang 7 kaki (2,1 meter). Namun, beberapa spesimen Aligator China telah tumbuh menjadi sekitar 15-16 kaki (4,6 meter sampai 4,8 meter) panjangnya. (Baca juga; Di Bawah Air Membeku, Perilaku Aligator Menarik Perhatian Ilmuwan )

Berikut Aligator terbesar yang pernah tertangkap dan tercatat secara resmi dikutip SINDOnews dari laman centerforsurfresearch:

Aligator Stokes, Panjang 5,05 Meter
6 Aligator Terbesar di Dunia yang Pernah Ditangkap, Ada yang Panjangnya 5 Meter


Aligator Stokes adalah aligator terbesar yang pernah ditangkap, berukuran sekitar 5 meter dan berat setengah ton. Begitu besarnya ukuran Aligator Stokes, sehingga merusak winch yang sering digunakan penduduk setempat untuk menimbang buaya lokal. Saat ini, Aligator Stokes dapat dilihat di Millers Ferry Powerhouse di Camden.

Aligator Blake Godwin, Panjang 4,57 Meter
6 Aligator Terbesar di Dunia yang Pernah Ditangkap, Ada yang Panjangnya 5 Meter


Aligator besar ini ditemukan di kolam ternak Okeechobee dan ditangkap oleh Lee Lightsey. Begitu besarnya ukuran Aligator ini, Lee Lightsey harus menggunakan traktor untuk menariknya keluar dari air setelah dia menembaknya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2078 seconds (0.1#10.140)