Ilmuwan Ciptakan Tangan Ketiga untuk Manusia

Kamis, 11 Juni 2020 - 07:53 WIB
loading...
Ilmuwan Ciptakan Tangan Ketiga untuk Manusia
Seorang wanita sedang bergaya menggunakan lengan robot supernumerary. Kredit: IEEE Robotics and Automation Letters (2020). FOTO/IST
A A A
LONDON - Tim peneliti di Universitas de Sherbrooke menciptakan lengan robot supernumeracy dengan bantuan dari tim di Exonetik Inc. Lengan robot ini dapat digunakan untuk membantu tugas-tugas manusia yang umum dilakukan.

Mengutip dari Techxplore, lengan robot supernumerary adalah tipe yang menambah fungsionalitas ke sistem yang ada. Tim di Kanada menambahkan lengan ketiga yang dikaitkan pada bagian perut manusia. BACA JUGA - Hadapi Gelombang Kedua COVID-19, WHO Ingatkan Semua Negara Tidak Longgarkan Aturan

Lengan robot memiliki tiga jari untuk membantu tugas yang cenderung mudah, seperti mengambil buah di pohon. Namun, kemampuan dan fungsinya akan terus dikembangkan agar lebih nyaman dan mudah digunakan. BACA JUGA - Gendong Mesin 125cc, Honda Hadirkan Penantang Baru Yamaha Nouvo

Cara menggunakannya adalah bagian bawah robot diikat ke pinggang dan pinggul pengguna, jangkar di tempatnya. Lengan robot memanjang dari jangkar dan melakukan fungsi sebagai pengguna baik menonton atau melakukan kegiatannya sendiri.

Perangkat ini dimotivasi oleh cengkeraman magnetorheologis dan transmisi hidrostatik yang memberikan tiga derajat kebebasan. Beratnya juga tidak banyak, hanya empat kilogram, karena ia memiliki sumber daya / kontrol yang terpisah.

Lengan robot dirancang untuk menunjukkan kemungkinan perangkat supernumerary dapat membantu penggunanya dalam berbagai kegiatan. Beberapa tugas yang membantu pegunanya seperti membantu mengecat dinding dan mengambil alat-alat listrik. Ada juga tugas untuk meninju dinding dengan tinjunya, yang artinya ia juga memiliki kekuatan.

Di masa depan, para peneliti berencana untuk menambahkan beberapa tingkat kontrol Keserdasan Buatan (AI). Ini berfungsi agar robot dapat belajar melakukan hal-hal yang diinginkan oleh penggunanya, termasuk menambahkan baterai ringan ke sistem untuk menghilangkan sumber daya yang tertambat.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2145 seconds (0.1#10.140)