Pesawat Ruang Angkasa Ini Sangat Ekonomis, Dapat Diterbangkan Kembali Setiap 48 Jam

Kamis, 20 Januari 2022 - 14:59 WIB
loading...
Pesawat Ruang Angkasa Ini Sangat Ekonomis, Dapat Diterbangkan Kembali Setiap 48 Jam
Radian Aerospace sebuah startup berbasis di Amerika Serikat (AS) memperkenalkan pesawat luar angkasa yang dapat diterbangkan kembali untuk misi ke antariksa dalam waktu maksimum 48 jam. Foto-Foto/Autoevolution
A A A
Radian Aerospace sebuah startup berbasis di Amerika Serikat (AS) memperkenalkan pesawat luar angkasa yang dapat diterbangkan kembali untuk misi ke antariksa dalam waktu maksimum 48 jam. Pesawat luar angkasa ini mampu lepas landas dan mendarat secara horizontal, bukan vertikal, sehingga sangat menghemat banyak waktu, biaya, dan tenaga.

Kelebihan pesawat ini membuat pasar atau konsumen dapat mengakses luar angkasa lebih mudah dan dalam jangka waktu panjang. Pesawat ruang angkasa yang diberi nama Radian One akan menjadi satu-satunya di dunia yang dapat membawa orang atau kargo ke orbit Bumi rendah (LEO) secepat dan sesering mungkin, dengan biaya lebih rendah.

Dikutip SINDOnews dari laman autoevolution, detail teknis pesawat luar angkasa ini belum terungkap. Namun, secara umum diketahui Radian One memiliki kemampuan lepas landas dengan bantuan pesawat luncur, tanpa tangki propelan yang penuh, dan tanpa bantuan roket. (Baca juga; Pesawat Induk Roc Stratolaunch Selesaikan Uji Terbang Ketiga, Dukung Penerbangan Hipersonik )
Pesawat Ruang Angkasa Ini Sangat Ekonomis, Dapat Diterbangkan Kembali Setiap 48 Jam


Pesawat ini dapat menjalankan misi hingga lima hari di orbit dan bentuk sayapnya memungkinkan pendaratan mulus di landasan pacu reguler. Tetapi kemampuannya yang paling mengesankan adalah pesawat ini dapat kembali, mengisi bahan bakar, dan dapat segera lepas landas kembali dalam wkatu 48 jam. Ini belum pernah terjadi sebelumnya dalam sebuah misi ruang angkasa.

Radian Aerospase ingin membuat perjalanan ruang angkasa sesederhana perjalanan menggunakan pesawat. Namun, fokus pembuatan pesawat ini bukan untuk pariwisata ke luar angkasa, tetapi pada berbagai misi penting, mulai dari manufaktur hingga pengiriman kargo yang cepat.

Radian Aerospace didirikan bersama oleh mantan spesialis transportasi ruang angkasa di Boeing, Livingston Holder, yang menggunakan keahliannya untuk mengembangkan kendaraan kedirgantaraan generasi baru dengan kemampuan unik. (Baca juga; NASA Persenjatai Pesawat Tempur F-15 dengan Rudal Hipersonik Modifikasi AIM-54 Phoenix )

Pengembangan pesawat Radian One telah mendapatkan pendanaan yang signifikan dari investor besar dan telah menandatangani perjanjian layanan peluncuran dengan pemerintah AS dan beberapa perusahaan. Dengan biaya per misi yang lebih rendah dan kemampuan multi-misi yang cepat, Radian One bisa menjadi solusi yang ekonomis dalam perjalanan ke ruang angkasa.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)