Punya 30 Unit F-16 dengan Beragam Kamuflase, Ini Alasan AS Bangun Skadron Khusus

Sabtu, 22 Januari 2022 - 15:11 WIB
loading...
Punya 30 Unit F-16 dengan Beragam Kamuflase, Ini Alasan AS Bangun Skadron Khusus
Skuadron Agresor ke-64 Angkatan Udara AS sengaja memberikan cat kamuflase berbeda pada 30 unit pesawat tempurnya untuk tujuan khusus. Foto/Autoevolution
NEVADA - Kamuflase pada pesawat tempur canggih dengan segala perangkat elektronik terbaik dan persenjataan canggih, terkadang dirasakan perannya tidak dianggap penting. Namun, Angkatan Udara Amerika Serikat punya satu skadron khusus berkekuatan 30 unit pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dengan beragam warna kamuflase.

Skuadron Agresor ke-64 Angkatan Udara AS sengaja memberikan cat kamuflase berbeda pada 30 unit pesawat tempurnya. Bahkan pada ekor pesawat diberikan logo bendera dari berbagai negara berbeda. Berbagai corak kamuflase pada badan pesawat F-16 dapat dilihat dalam skuadron ini.

Ada yang bercorak dominan biru seperti langit sampai bercorak warna coklat seperti debu gurun pasir. Ternyata ada alasan khusus skuadron ini dibangun, yaitu untuk jadi mitra sparing pilot tempur AS lainnya. Tujuannya untuk memberikan pilot tempur situasi pertempuran sesungguhnya, seolah menghadapi pesawat musuh yang nyata.

Penampakan pesawat F-16 dengan beragam corak kamuflase dari Skuadron Agresor ke-64 ditampilkan Angkatan Udara AS sebagai bagian dari liputan Year in Photos yang dikutip SINDOnews dari laman autoevolution, Sabtu (22/1/2022). Berbagai foto pesawat dengan beragam corak kamuflase diambil saat melakukan latihan di atas Nevada Test and Training Range pada bulan Februari tahun lalu.
Punya 30 Unit F-16 dengan Beragam Kamuflase, Ini Alasan AS Bangun Skadron Khusus




Ada juga sejumlah pesawat yang bersiap untuk mengisi bahan bakar dari pesawat tanker yang diterbangkan oleh Skuadron Pengisian Bahan Bakar Udara ke-906. Foto-foto itu diabadikan seorang Airman 1st Class saat F-16 Tim Merah menggunakan kamera Nikon. (Baca juga; Kemampuan Jet F-16 Ini Setara Pesawat Tempur Generasi Ke-5, Apa Rahasianya )

Skuadron khusus ini sengaja memilih pesawat tempur F-16 karena dinilai sebagai musuh yang tangguh dengan segala kelebihan tekologinya. Lahir hampir setengah abad yang lalu, keluarga F-16 adalah salah satu yang tersebar luas di dunia penerbangan militer dengan ribuan unit dioperasikan di seluruh dunia.

Mesin turbofan afterburning tunggal membuatnya gesit dan kuat, mampu terbang untuk jarak sekitar 2.620 mil (4.217 km) dan dengan kecepatan Mach 2. Begitu mencapai sasarannya, F-16 dapat melenyapkan berbagai target menggunakan senjata otomatis, roket, dan rudal. (Baca juga; Pesawat Ruang Angkasa Ini Sangat Ekonomis, Dapat Diterbangkan Kembali Setiap 48 Jam )

Selain berguna untuk kepentingan pelatihan dan simulasi pertempuran untuk pilot, kamuflase pada pesawat F-16 berguna menyembunyikan berbagai perangkat keras, terutama saat pesawat berada di darat. Dengan kamuflase yang sesuai lingkungan sekitar bisa menyamarkan dari pantauan musuh secara kasat mata.
(wib)
preload video
KOMENTAR ANDA