Fitur Unik Ini Cuma Ada di Pesawat Tempur Su-34 Rusia

Minggu, 23 Januari 2022 - 06:15 WIB
loading...
A A A
Dapur dan Toilet
Fitur Unik Ini Cuma Ada di Pesawat Tempur Su-34 Rusia


Ukuran kokpit Su-34 dan internal pesawat disesuaikan untuk misi jarak jauh serta memberikan kenyamanan bagi pilot. Desas-desus yang beredar, bentuk kokpit Su-34 yang luas untuk menyediakan fasilitas dapur dan toilet bagi pilot.

Desas-desus itu tidak salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Yang disebut sebagai dapur tidak lebih dari unit pemanas, bukan microwave, yang dirancang untuk menghangatkan makanan kaleng. Sedangkan yang disebut toilet hanya berupa wadah sanitasi berbentuk tabung logam dengan lubang kerucut di salah satu ujungnya. Tabung ini digunakan pilot untuk buang air kecil ke dalam misi penerbangan jarak jauh.

Meskipun fasilitas ini sangat mendasar, fasilitas ini dapat diterima dengan baik dalam penerbangan berdurasi panjang. Namun, yang lebih berguna adalah penyediaan ruang yang cukup bagi satu awak untuk meninggalkan tempat duduk mereka dan berdiri tegak di kompartemen di belakang kokpit. (Baca juga; Kemampuan Jet F-16 Ini Setara Pesawat Tempur Generasi Ke-5, Apa Rahasianya )

Pilot juga dapat berbaring tengkurap, dengan kepala dan tubuh mereka di atas pintu masuk dan kaki mereka di antara kursi lontar. Meskipun tidak mewah, ini jelas akan membantu mengatasi kelelahan fisik dalam penerbangan panjang. Beberapa sumber menyebutkan dalam kokpit juga ada bangku pijat otomatis.

Tangga Masuk dari Bawah
Fitur Unik Ini Cuma Ada di Pesawat Tempur Su-34 Rusia


Untuk masuk ke kokpit Su-34 berbeda dari Flanker versi kursi tunggal atau dua ganda. Untuk pertama kalinya dalam keluarga Flanker, Su-34 memperkenalkan tempat duduk berdampingan, dengan pilot di sebelah kiri dan operator sistem navigator/senjata di sebelah kanan.

Untuk memasuki kokpit yang lapang, pilot melalui tangga dari rongga roda depan. Ini tentu menjadi pengalaman tersendiri bagi para pilot Su-34. Dalam kabin yang dilapisi baja, kedua awak dilengkapi dengan kursi ejeksi atau pelontar, yang ditembakkan ke atas setelah bahan peledak menghilangkan kanopi utama. (Baca juga; Boeing Perkenalkan Desain dan Konsep Pesawat Hipersonik Baru )

“Su-34 adalah ide yang bagus untuk sebuah pesawat terbang. Bentuk pesawat tempur yang besar dan menyediakan kokpit depan lebih luas untuk tempat duduk tandem itu keren. Begitu luasnya, para pilot untuk masuk kokpit harus naik tangga dari ruang roda pendarat,” tulis kata seorang pilot melalui akun twitter @VF5SS dikutip The War Zone, Minggu (23/1/2022).
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6779 seconds (0.1#10.140)