Ibu Kota India Mengigil Diselimuti Kabut, Suhu Turun Drastis Jadi 6,2 Derajat Celcius

Selasa, 25 Januari 2022 - 17:54 WIB
loading...
Ibu Kota India Mengigil Diselimuti Kabut, Suhu Turun Drastis Jadi 6,2 Derajat Celcius
Kota Delhi, India, mengalami kondisi cuaca dingin yang buruk sehingga suhu turun sampai 6,2 derajat Celcius. Foto/PTI/financialexpress
A A A
DELHI - Kabut tipis menyelimuti Kota Delhi, India, Selasa (25/1/2022) dan temperatur udara turun drastis sampai 6,2 derajat celcius. Kondisi ini membuat sebagian besar orang tinggal di dalam rumah atau berkerumun di sekitar api unggun agar tetap hangat.

Musim dingin kali ini sangat keras karena suhu minimum turun satu tingkat di bawah normal. Kota Delhi mulai mengalami cuaca buruk pada Senin (24/1/2022) dengan suhu maksimum mencapai 14,8 derajat Celcius, tujuh tingkat di bawah rata-rata.

Menurut Departemen Meteorologi India, suhu minimum yang tercatat di Observatorium Safdarjung, mencapai 6,2 derajat Celcius atau satu tingkat di bawah normal. Suhu minimum di Narela tercatat 5,6 derajat Celcius, atau dua tingkat di bawah normal.

Kabut tebal menyelimuti ibu kota India pada pagi hari sehingga menyulitkan para penumpang kendaraan. Para komuter melewati kabut tipis bahkan ketika kelembapan relatif mencapai 95 persen di pagi hari.

(Baca juga; Mengenal Hwacheon Sancheoneo Ice Festival, Wisata Musim Dingin di Korea Selatan )

Suhu maksimum pada hari Selasa kemungkinan akan berkisar sekitar 16 derajat Celcius, dengan perkiraan kondisi cuaca yang dingin. IMD telah memperkirakan langit berawan sebagian tanpa kemungkinan hujan di Delhi pada 26 Januari 2022, tepat pada perayaan Hari Republik di Rajpath.

Suhu minimum di India barat laut dan tengah kemungkinan akan turun tiga hingga lima derajat Celcius selama lima hari ke depan. Kondisi ini menyebabkan hari-hari yang dingin di Delhi dan gelombang dingin di beberapa bagian Punjab, Haryana, Uttar Pradesh, Rajasthan, Gujarat dan Maharashtra.

Kabut sangat tebal diprediksi terjadi di beberapa bagian Punjab, Uttar Pradesh, Rajasthan, Haryana, Delhi, Bihar, Benggala Barat, Odisha, Assam, Sikkim, Meghalaya dan Tripura selama dua hingga tiga hari ke depan.

(Baca juga; Titik Balik Matahari Musim Dingin, Bikin Siang Jadi Lebih Pendek di Utara Bumi )

“Hari yang dingin, adalah ketika suhu minimum kurang dari 10 derajat Celcius dan maksimum setidaknya 4,5 derajat Celcius di bawah normal. Hari dingin yang parah adalah ketika suhu maksimum setidaknya 6,5 takik di bawah normal,” keterangan IMD dikutip SINDOnews dari laman financialexpress.

Indeks kualitas udara di Delhi pada Selasa pagi berada pada kategori buruk (249). AQI antara nol dan 50 dianggap baik, 51 dan 100 memuaskan, 101 dan 200 sedang, 201 dan 300 buruk, 301 dan 400 sangat buruk, dan 401 dan 500 parah.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)