Terjual Rp12,5 Miliar, Satu Koin Emas Raja Henry III Ini Bikin Pria di Inggris Jadi Miliuner

Rabu, 26 Januari 2022 - 12:16 WIB
loading...
Terjual Rp12,5 Miliar, Satu Koin Emas Raja Henry III Ini Bikin Pria di Inggris Jadi Miliuner
Seorang pria di Inggris, Michael Leigh-Mallory, langsung jadi miliuner hanya gara-gara menemukan sekeping koin emas Raja Henry III pada September 2021. Foto/Devonlive
LONDON - Seorang pria di Inggris, Michael Leigh-Mallory, langsung jadi miliuner hanya gara-gara menemukan sekeping koin emas Raja Henry III pada September 2021. Koin emas tertua di Inggris yang dicetak Abad ke-13 itu terjual seharga 648.000 Pounds atau setara Rp12,5 miliar.

Padahal Michael Leigh-Mallory menemukan koin emas satu sen bergambar Raja Henry III secara tidak sengaja. Ketika itu dia hanya memenuhi janji kedua anaknya, Emily yang berusia 13 tahun dan Harry (10 tahun), menemani pencarian koin.

Kebetulan kedua anak Michael Leigh-Mallory tergabung dalam komunitas arkeologi lokal, sedang melakukan pendeteksian logam dengan peralatan metal elektronik. Ketika berada di area peternakan Hemyock, dia dan anaknya menemukan sekeping koin emas yang sedikit penyok bergambar Raja Henry III.

(Baca juga; Seekor Musang Lapar Temukan 209 Koin Era Romawi yang Disembunyikan Dalam Gua )



Awalnya, dia tidak memikirkan penemuan koin emas itu, tetapi setelah mempostingnya di Facebook, dia menyadari betapa langkanya koin itu. Dia menemukan fakta, hanya ada delapan koin Raja Henry yang ditemukan dan hampir semuanya di museum.

Pada lelang Spink & Son di London pada hari Minggu 23 Januari 2022, koin emas yang ditemukan Michael Leigh-Mallory terjual 648.000 Pounds atau sekitar Rp12,5 miliar lebih. “Jika bukan karena janji dengan anak-anak untuk pergi mencari bersama, saya tidak percaya koin emas ini akan pernah ditemukan,” kata Michael Leigh-Mallory dikutip SINDOnews dari laman Devonlive, Rabu (26/1/2022).
Terjual Rp12,5 Miliar, Satu Koin Emas Raja Henry III Ini Bikin Pria di Inggris Jadi Miliuner


Meskipun jadi miliuner secara mendadak alias orang kaya baru (OKB), Michael Leigh-Mallory, bukan orang yang lupa daratan. Dia membagi separuh uang hasil lelang penjualan koin dengan pemilik lahan pertanian sekitar 324.000 Pounds. Dia pun menggunakan uang bagiannya, untuk biaya pendidikan kedua anaknya.

Saat kunjungan ke London untuk lelang koin emas, Michael Leigh-Mallory menyempatkan diri mengunjungi makan Raja Henry III di Westminster Abbey untuk 'mengucapkan terima kasih'.

“Saya hanya pria normal yang tinggal di Devon bersama keluarganya. Jadi ini benar-benar jumlah uang yang mengubah hidup saya dan untuk masa depan mereka (kedua anaknya),” ujarnya.
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA