Ratu Elizabeth Jual 69.347 Koin Super Langka Zaman Besi Seharga Rp81 Miliar

Senin, 27 Desember 2021 - 11:30 WIB
loading...
Ratu Elizabeth Jual 69.347 Koin Super Langka Zaman Besi Seharga Rp81 Miliar
Ratu Elizabeth II dari Inggris menjual koin super langka dari Zaman Besi (Iron Age) seharga 4 juta poundsterling atau sekitar Rp81 miliar lebih kepada pemerintahan Jersey. Foto/dailystar
A A A
LONDON - Ratu Elizabeth II dari Inggris menjual koin super langka dari Zaman Besi (Iron Age) seharga 4 juta poundsterling atau sekitar Rp81 miliar lebih kepada pemerintahan Jersey. Padahal koin Romawi dan Celtic yang ditemukan sembilan tahun lalu itu diperkirakan harganya bisa mencapai 10 juta poundsterling atau Rp190,7 miliar.

Kepala Menteri Jersey John Le Fondre mengatakan kesepakatan itu akan memastikan bagian unik dari sejarah Pulau Jersey tetap berada di sana untuk generasi saat ini dan yang akan datang. Sebab, penemuan ini dapat memberi informasi penting lain tentang sejarah dan arkeologi di Pulau Jersey.

“Sejak penemuannya sembilan tahun lalu, konservator Jersey Heritage, arkeolog, dan sukarelawan telah membongkar dan mempelajari timbunan itu. Namun, masih banyak yang dapat diungkapkan tentang Jersey dan tempat kita di dunia pada zaman Kristus,” kata Le Fondre dikutip SINDOnews dari laman dailystar, Senn (27/12/2021).
Ratu Elizabeth Jual 69.347 Koin Super Langka Zaman Besi Seharga Rp81 Miliar

Timbunan koin Le Catillon II ditemukan di Pulau Jersey, bagian Kepulauan Channel di Selat Inggris, oleh dua orang amatir menggunakan detektor logam. Keduanya, Reg Mead dan Richard Miles, telah menghabiskan waktu puluhan tahun menyisir satu bidang wilayah di Pulau Jersey. (Baca juga; Koin Langka dari Tahun 1089 Ini Jadi Bukti Masa Keemasan Raja David di Georgia )

Mereka menemukan sebanyak 69.347 koin Romawi dan Celtic itu berdasarkan petunjuk yang diperoleh pada 1980-an. Seorang wanita memberi tahu mereka bahwa dia telah melihat sesuatu tumpukan seperti kancing perak di ladang di sisi timur Pulau Channel.

Timbunan berusia 2000 tahun itu ditemukan terkubur di gundukan tanah liat di bawah pagar tanaman. Koin itu menjadi milik kerajaan, kemudian Reg dan Richard menerima hadiah atas penemuan tersebut. (Baca juga; Menara Kuno dan Koin Zaman Raja Henry VI Ditemukan di Bawah Kastil Auckland )
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3022 seconds (0.1#10.140)