Seekor Musang Lapar Temukan 209 Koin Era Romawi yang Disembunyikan Dalam Gua

Selasa, 11 Januari 2022 - 14:52 WIB
loading...
Seekor Musang Lapar Temukan 209 Koin Era Romawi yang Disembunyikan Dalam Gua
Ratusan koin dari tahun 200 Masehi hingga 400 Masehi pada periode Romawi Akhir ditemukan dalam gua di Spanyol. Foto/cnn
A A A
MADRID - Seekor Musang (Badger) yang sedang kelaparan mencari makan tanpa sengaja menemukan timbunan sekitar 209 koin era Romawi yang disembunyikan di salah satu gua di La Cuesta, wilayah Asturias, barat laut Spanyol . Ratusan koin ini berasal dari tahun 200 Masehi hingga 400 Masehi, sesuai dengan periode Romawi Akhir, ketika orang barbar seperti Suebi tiba di semenanjung Iberia.

Tim Arkeolog yang dipimpin Alfonso Fanjul, penemuan ini diketahui pertama kali diketahui seorang warga lokal, Roberto Garcia dan melaporkan kepada arkeolog. Dia menemukan celah dan lubang dalam gua yang digali musang ketika sedang mencari makananan atau membuat sarang.

"Ketika kami tiba (di dalam gua), kami menemukan lubang yang mengarah ke sarang Luak, dan tanah di sekitarnya penuh dengan koin. Ada sekitar 90 koin yang sudah digali Luak, selebihnya ditemukan ketika kami lakukan penggalian," kata Fanjul kepada CNN yang dikutip SINDOnews, Selasa (11/1/2022).
Seekor Musang Lapar Temukan 209 Koin Era Romawi yang Disembunyikan Dalam Gua


Tim arkeolog kemudian melakukan penggalian dan menemukan total 209 koin yang berasal dari tahun 200 Masehi hingga 400 Masehi. Ini sesuai dengan periode Romawi Akhir, ketika orang barbar seperti Suebi tiba di semenanjung Iberia. (Baca juga; 9 Penemuan Koin Paling Menakjubkan 2021, Nomor 4 Perak Arab Rampasan Bajak Laut )

Fanjul percaya koin-koin itu disembunyikan oleh para pengungsi yang berlindung di daerah sekitar. "Kami pikir itu adalah cerminan dari ketidakstabilan sosial dan politik yang datang bersama dengan jatuhnya Roma dan kedatangan kelompok-kelompok barbar ke Spanyol utara," ujarnya.

Koin-koin tersebut saat ini sedang dibersihkan dan akan dipajang di Museum Arkeologi Asturias. Tim arkeolog berencana melakukan penggalian lebih lanjut di situs tersebut. Dia mengatakan penemuan ini menjadi timbunan koin Romawi terbesar yang ditemukan dalam gua di Spanyol. (Baca juga; Menelusuri Jejak Islam yang Tersembunyi dari Bangunan Bersejarah Kota Madrid )

Fanjul percaya penggalian lebih lanjut akan meningkatkan pemahaman tentang jatuhnya kekaisaran Romawi dan kebangkitan kerajaan abad pertengahan di Spanyol utara. "Kami pikir ini adalah situs yang ideal untuk belajar lebih banyak tentang orang-orang yang hidup melalui transisi ini," tuturnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2202 seconds (0.1#10.140)