Demo Terbang Airbus C295 dengan Teknologi Clean Sky 2, Sukses Kurangi Kebisingan dan Polusi

Kamis, 27 Januari 2022 - 07:41 WIB
loading...
Demo Terbang Airbus C295 dengan Teknologi Clean Sky 2, Sukses Kurangi Kebisingan dan Polusi
Pesawat Airbus C295 Flight Test Bed 2 (FTB2) berhasil melakukan penerbangan perdananya dari Final Assembly Line di Seville, Spanyol. Foto/aviation24
SEVILLE - Airbus C295 Flight Test Bed 2 (FTB2) berhasil melakukan penerbangan perdananya dari Final Assembly Line di Seville, Spanyol . Pesawat C295 memulai kampanye penerbangan untuk menguji sayap semi-morphing baru, sistem kontrol penerbangan baru, serta antena SatCom dalam badan pesawat.

“Penerbangan pertama C295 FTB2 adalah tonggak penting yang mewakili langkah maju yang penting dalam program ini, menyusul keberhasilan integrasi aerostruktur baru, power-on dan ground test,” kata Francisco Javier Sánchez Segura, Wakil Presiden Eksekutif Teknik Pertahanan dan Luar Angkasa Airbus dikutip SINDOnews dari laman aviation24, Kamis (27/1/2022).

Berdasarkan Airbus C295, Flight Test Bed 2 adalah demonstrasi dalam penerbangan dari European Clean Sky 2 (CS2) dan program penelitian dan inovasi EU Horizon 2020. Di mana teknologi itu terkait dengan pesawat multimisi regional CS2 di masa depan diuji.

“Beberapa tahun yang lalu program ini hanyalah mimpi dari masa depan yang lebih berkelanjutan untuk penerbangan. Hari ini kami berada di tahap akhir dan akhirnya berhasil terbang,” tambah Francisco Javier Sánchez Segura.



Baca juga; Diupgrade Pakai Avionik Flight2, Kokpit Pesawat C-130 Hercules TNI AU Jadi Serba Digital

Modifikasi termasuk bahan dan teknologi baru yang dirancang untuk mencapai pengurangan emisi kebisingan, CO2 dan NOx. Dengan penerapan teknologi ini, mampu mengurangi CO2 hingga 43% dan 70% Nox, serta 45% lebih sedikit kebisingan saat lepas landas.

Modifikasi utama dalam pesawat adalah sayap semi-morphing efisiensi tinggi baru, winglet dinamis baru dan antena SATCOM panel datar yang terintegrasi di bagian atas badan pesawat. Selain itu, kontrol penerbangan inovatif untuk permukaan kontrol utama, termasuk aileron, flap, dan tab flap dengan aerodinamis yang ditingkatkan.

Kemampuan ini untuk menyesuaikan dalam penerbangan dan berkontribusi pada sistem pengangkatan tinggi yang lebih efisien. Sistem kontrol penerbangan baru memanfaatkan sistem kontrol digital untuk mengoptimalkan bentuk aerodinamis sayap dalam penerbangan.

Baca juga; Mengenal AGCAS, Perangkat Lunak Penyelamat Nyawa Pilot Tempur Ketika Pingsan di Udara
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA