Rabu, 02 Februari 2022 - 07:44 WIB
Ini Dia Asteroid Trojan Bumi Terbesar Ke-2, Berdiameter 1,2 Kilometer
Para astronom mengonfirmasi keberadaan asteroid Trojan Bumi kedua yang diameternya sekitar 1,2 kilometer atau sekitar tiga kali lebih besar dari asteroid Trojan Bumi yang pertama. Foto/Ilustrasi/Techexplorist
PARA astronom mengonfirmasi keberadaan asteroid Trojan Bumi kedua yang diameternya sekitar 1,2 kilometer atau sekitar tiga kali lebih besar dari asteroid Trojan Bumi yang pertama. Asteroid Trojan Bumi terdeteksi menggunakan Teleskop SOAR di Cile, bagian dari Cerro-Tololo Inter-American Observatory, Program NOIRLab NSF.

Menggunakan Teleskop Penelitian Astrofisika Selatan (Southern Astrophysical Research/SOAR ) 4,1 meter di Cerro Pachón di Cile, para astronom yang dipimpin oleh Toni Santana-Ros dari Universitas Alicante dan Institut Ilmu Kosmos Universitas Barcelona, mengamati asteroid 2020 XL5 yang baru ditemukan untuk membatasi orbit dan ukurannya.

Hasilnya mereka mengkonfirmasi bahwa asteroid 2020 XL5 adalah Trojan Bumi, pendamping asteroid ke Bumi yang mengorbit Matahari di sepanjang jalur yang sama seperti planet Bumi, dan itu adalah yang terbesar yang pernah ditemukan.

“Trojan adalah objek yang berbagi orbit dengan sebuah planet, berkerumun di sekitar salah satu dari dua area seimbang gravitasi khusus di sepanjang orbit planet yang dikenal sebagai titik Lagrange,” kata Cesar Briceño dari NOIRLab NSF, dikutip SINDOnews dari laman Techexplorist, Rabu (2/2/2022).

Beberapa planet di Tata Surya diketahui memiliki asteroid Trojan, tetapi 2020 XL5 hanya asteroid Trojan kedua yang diketahui ditemukan di dekat Bumi. Pengamatan XL5 2020 juga dilakukan dengan Teleskop Penemuan Lowell 4,3 meter di Observatorium Lowell di Arizona dan oleh Stasiun Bumi Optik 1 meter Badan Antariksa Eropa di Tenerife di Kepulauan Canary.

Ditemukan pada 12 Desember 2020 oleh teleskop survei Pan-STARRS1 di Hawai'i, 2020 XL5 jauh lebih besar daripada Trojan Bumi pertama yang ditemukan, yang disebut 2010 TK7. Para peneliti menemukan bahwa XL5 2020 berdiameter sekitar 1,2 kilometer (0,73 mil), sekitar tiga kali lebar yang pertama (TK7 2010 diperkirakan kurang dari 400 meter atau yard).
Ini Dia Asteroid Trojan Bumi Terbesar Ke-2, Berdiameter 1,2 Kilometer

Ketika 2020 XL5 ditemukan, orbitnya mengelilingi Matahari tidak cukup diketahui untuk mengatakan apakah itu hanya asteroid dekat Bumi yang melintasi orbit kita, atau apakah itu benar-benar Trojan. Pengukuran SOAR sangat akurat sehingga tim Santana-Ros kemudian dapat kembali dan mencari XL5 2020 dalam gambar arsip dari 2012 hingga 2019 yang diambil sebagai bagian dari Survei Energi Gelap menggunakan Kamera Energi Gelap (DECam) pada Víctor M Blanco Teleskop 4 meter yang terletak di CTIO di Cile.

Dengan hampir 10 tahun data yang ada, tim mampu meningkatkan pemahaman kita tentang orbit asteroid. Meskipun penelitian lain telah mendukung identifikasi asteroid Trojan, hasil baru membuat penentuan itu jauh lebih kuat dan memberikan perkiraan ukuran 2020 XL5 dan jenis asteroid apa itu.

“Data SOAR memungkinkan kami untuk membuat analisis fotometrik pertama dari objek, mengungkapkan bahwa 2020 XL5 kemungkinan adalah asteroid tipe C, dengan ukuran lebih besar dari satu kilometer,” kata Santana-Ros.

Asteroid tipe C berwarna gelap, mengandung banyak karbon, dan merupakan jenis asteroid yang paling umum di Tata Surya. Temuan ini juga menunjukkan bahwa XL5 2020 tidak akan selamanya menjadi asteroid Trojan. Dia akan tetap stabil pada posisinya setidaknya selama 4000 tahun lagi, tetapi pada akhirnya ia akan terganggu secara gravitasi dan melarikan diri untuk mengembara melalui ruang angkasa.