Mengerikan! Ini yang Terjadi Jika Asteroid Besar Menabrak Bumi

Selasa, 01 Februari 2022 - 07:00 WIB
Mengerikan! Ini yang Terjadi Jika Asteroid Besar Menabrak Bumi
Jika sebuah asteroid sebesar itu menghantam Bumi hari ini, segalanya akan langsung berubah karena kekuatan tumbukan dan pengaruhnya terhadap lingkungan. Foto/Science Photo Library
JAKARTA - Sejumlah badan antariksa nasional di sejumlah negara terus mengamati langit untuk mencegah peristiwa terulangnya kepunahan di bumi akibat tumbukan asteroid . Lalu apa yang terjadi jika asteroid menabrak bumi hari ini?

Bergantung pada ukuran batu ruang angkasa, dampak asteroid bisa menjadi peristiwa tingkat kepunahan massal. Para peneliti telah membuat simulasi untuk melihat seberapa buruk itu bisa terjadi di bumi.

Batu luar angkasa harus cukup besar untuk membunuh semua mahkluk di bumi. Para ilmuwan berpikir asteroid yang memusnahkan dinosaurus memiliki lebar sekitar 12 kilometer.

Para ahli berpikir kita akan mengalami kebakaran, gelombang kejut, radiasi panas, kawah besar, hujan asam, dan tsunami raksasa jika asteroid itu menabrak air.

Seorang profesor fisika dan astronomi di Beloit College, Britt Scharringhausen mengatakan, semua abu dari kebakaran dan semua puing-puing berbutir halus dari tumbukan akan menggantung di atmosfer untuk waktu yang lama yang memicu musim dingin panjang.

“Ini akan menghalangi sinar matahari, dan semua abu yang jatuh ke laut akan mengasamkan lapisan atas.
Membunuh semua yang ada di lautan, dan membekukan Bumi, dan itu melewati sekitar dua tahun musim dingin yang konstan,” katanya seperti dikutip News Australia, Selasa (1/2/2022).

Scharringhausen tidak berpikir bahwa semua kehidupan di Bumi akan mati setelah tumbukan asteroid yang besar. "Jika manusia mengambil tindakan pencegahan yang tepat, ada kemungkinan mereka bisa bertahan hidup juga," ujarnya.