Ahli Geokimia Ungkap Asal-usul Air di Bumi, Ini Penjelasannya

Jum'at, 04 Februari 2022 - 17:05 WIB
loading...
Ahli Geokimia Ungkap Asal-usul Air di Bumi, Ini Penjelasannya
Sejumlah ilmuwan yang dipimpin ahli geokimia dari Museum Sejarah Nasional Prancis berhasil mengungkap asal-usul air yang ada di planet bumi. Foto/NASA
JAKARTA - Sejumlah ilmuwan yang dipimpin ahli geokimia dari Museum Sejarah Nasional Prancis berhasil mengungkap asal-usul air yang ada di planet bumi . Ternyata air ini sudah ada sebelum bumi terbentuk menjadi sebuah planet.

Dikutip dari Science Alert, Jumat (4/2/2022), bumi diketahui merupakan satu-satunya planet di tata surya dengan air melimpah.

Ada tanda tanya besar tentang dari mana dan bagaimana asalnya, tetapi penelitian baru menunjukkan bahwa itu ada di Tata Surya sebelum Bumi terbentuk.

Menurut tim yang dipimpin ahli geokimia Jerome Aleon dari Museum Sejarah Alam Nasional Prancis, isotop air dalam meteorit sejak lahirnya Tata Surya cocok dengan isotop air yang ditemukan di Bumi saat ini.



BACA: 6 Lokasi di Bumi yang Paling Mirips Mars, Nomor 3 Paling Sering Dikunjungi

Dalam makalahnya, para peneliti menyatakan dengan mengetahui komposisi isotop awal air di Tata Surya sangat penting untuk memahami asal usul air di bumi .

"Di sini kami menggunakan komposisi isotop hidrogen dalam inklusi kaya kalsium-aluminium (CAI) dari batuan Tata Surya tertua, untuk menetapkan komposisi isotop hidrogen air pada awal pembentukan Tata Surya," kata Aleon.

Menggunakan batu meteroit Efremovka yang ditemukan di Kazakhstan pada 1962, Aleon dan timnya meneliti asal-usul air di bumi.

Aleon memilih batu meteorit ini karena usianya lebih tua dari bumi, batu Efremovka ini diperkirakan berasal dari 4,57 miliar tahun yang lalu sedangkan bumi diperkirakan berusia 4,54 miliar tahun.
halaman ke-1
KOMENTAR ANDA