Kamis, 30 Desember 2021 - 20:49 WIB
6 Lokasi di Bumi yang Paling Mirip Mars, Nomor 3 Sering Dikunjungi Turis
Planet Mars menjadi tujuan menarik berbagai misi luar angkasa untuk mempelajari kondisi lingkungan dan kemungkinan untuk tinggal di sana. Foto/slate
PLANET Mars menjadi tujuan menarik berbagai misi luar angkasa untuk mempelajari kondisi lingkungan dan kemungkinan untuk tinggal di sana. Bahkan Elon Musk bermimpi membangun koloni di Mars dan NASA mengirimkan misi Artemis ke planet tetangga dekat Bumi itu.

Meskipun belum ada manusia yang sampai di sana, ternyata ada tempat-tempat di Bumi yang kondisinya mirip seperti Planet Mars. Beberapa lokasi mudah dijangkau dan ada tempat khusus bagi para peneliti untuk membuka rahasia kehidupan di Planet Merah, julukan Planet Mars.

Lokasi ini bisa menjadi tujuan sebelum perjalanan ke Planet Merah terwujud. Berikut 6 lokasi di Bumi yang mirip dengan keadaan di Planet Mars dirangkum SINDOnews dari laman forbes:

1. Danau Salda, Turki
6 Lokasi di Bumi yang Paling Mirip Mars, Nomor 3 Sering Dikunjungi Turis

Meskipun belum diketahui keberadaan air di Mars, ada aspek lain yang membuat Danau Salda di Turki mirip dengan planet merah. Secara spesifik, Danau Salda adalah danau kawah, mirip dengan kawah di Mars yang diyakini para peneliti dulunya berisi air seperti Danau Salda saat ini.

Faktanya, pada awal 2021, NASA mengungkapkan bahwa Danau Salda memiliki mineralogi dan geologi yang sama dengan Kawah Jezero di Mars, tempat rover Perseverance mendarat pada bulan Februari 2021. (Baca juga; Keunikan Danau Kembar Zerelia di Yunani, Terbentuk Akibat Tumbukan Meteorit )

2. Kawah Haughton, Kanada
6 Lokasi di Bumi yang Paling Mirip Mars, Nomor 3 Sering Dikunjungi Turis

Jika ingin mencari tempat di Bumi yang menyerupai iklim Mars yang berdebu, berangin, kering tetapi sangat dingin, pergilah ke Kanada utara. Di Pulau Devon besar yang tidak berpenghuni, ada Kawah Haughton yang terbentuk 23-32 juta tahun yang lalu akibat tumbukan sebuah objek sepanjang 2 kilometer. (Baca juga; Mars Terdeteksi Miliki Cadangan Air, Tersembunyi di Bawah Ngarai Sepanjang 4.000 Km )

Hari ini, para peneliti telah menjuluki daerah itu "Mars di Bumi," berkat data geologi dan klimatologi kawah yang mirip dengan planet merah. NASA berencana untuk melakukan penelitian dalam Proyek Haughton-Mars, yang akan menangani masalah komunikasi, pengujian peralatan, dan operasi kendaraan dan kendaraan khusus untuk persiapan misi Mars di masa depan.

3. Wadi Rum, Yordania