Rudal SM-6, Pertahanan Terakhir AS Menghadapi Senjata Hipersonik Musuh

Minggu, 06 Februari 2022 - 21:10 WIB
loading...
Rudal SM-6, Pertahanan Terakhir AS Menghadapi Senjata Hipersonik Musuh
Rudal SM-6 disebut sebagai satu-satunya senjata yang ada di gudang milik Amerika Serikat untuk menghadapi ancaman manuver senjata hipersonik musuh. Foto/The War Zone/USN
A A A
RUDAL SM-6 disebut sebagai satu-satunya senjata yang ada di gudang milik Amerika Serikat untuk menghadapi ancaman manuver senjata hipersonik musuh. Rudal SM-6 merupakan rudal multiguna yang dapat melakukan perang anti-udara, pertahanan rudal balistik, dan misi perang anti-permukaan.

Saat ini, ada dua varian rudal SM-6 yang beroperasi, yaitu Blok I dan Blok IA, sedangkan versi ketiga, Blok IB, sedang dalam pengembangan. Rudal Blok I dan Blok IA yang memiliki kecepatan Mach 3,5 secara umum digambarkan sebagai rudal permukaan-ke-udara, meskipun mereka juga memiliki kemampuan serangan permukaan-ke-permukaan.

Rudal Block IB secara substansial berbeda dari dua jenis rudal sebelumnya, termasuk bodinya yang didesain ulang sepenuhnya dan motor roket yang lebih besar. Hal ini diharapkan dapat mencapai kecepatan hipersonik dan memiliki kemampuan lebih besar terhadap ancaman senjata hipersonik musuh.



“Seri SM-6 benar-benar satu-satunya kemampuan pertahanan hipersonik bangsa. Senjata-senjata ini memiliki kemampuan yang baru untuk menghadapi ancaman hipersonik yang bermanuver ke tingkat tinggi,” ungkap Wakil Laksamana Angkatan Laut S Jon Hill yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Pertahanan Rudal AS (US Missile Defense Agency/MDA) dkutip SINDOnews dari laman The War Zone, Minggu (6/2/2022).

Secara keseluruhan, kemampuan yang dimiliki SM-6 untuk melawan ancaman hipersonik tampaknya masih terbatas. Untuk itu, MDA secara aktif mencari rudal pencegat baru yang dioptimalkan untuk menghadapi kendaraan boost-glide sebagai bagian dari program Glide Phase Interceptor (GPI).

Rudal pencegat dalam bentuk apa pun, tentu saja, hanyalah salah satu bagian dari pertahanan terhadap serangan senjata hipersonik. Bagian penting lainnya, adalah sensor yang mampu mendeteksi dan menyediakan jejak target dari ancaman hipersonik.



Militer AS telah mengidentifikasi kesenjangan ini dan bekerja keras untuk mengatasinya, termasuk melalui pengembangan Sensor Ruang Pelacakan Hipersonik dan Balistik (HBTSS) berbasis ruang angkasa. MDA telah menugaskan Northrop Grumman dan L3Harris untuk membangun prototipe satelit HBTSS dengan tujuan memulai pengujian di orbit dari dua desain pada tahun 2023.
Rudal SM-6, Pertahanan Terakhir AS Menghadapi Senjata Hipersonik Musuh


Seperti apa bentuk konstelasi akhir HBTSS dan berapa banyak satelit yang mungkin dimiliki, secara total, masih belum jelas. HBTSS hanyalah salah satu dari sejumlah program sensor berbasis ruang angkasa yang sedang berlangsung dalam militer AS yang dapat mendukung misi pertahanan rudal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2349 seconds (0.1#10.140)