Misteri Tsunami 2021 yang Menyebar ke Seluruh Dunia Terungkap

Rabu, 09 Februari 2022 - 13:44 WIB
loading...
Misteri Tsunami 2021 yang Menyebar ke Seluruh Dunia Terungkap
Misteri Tsunami yang muncul di Samudra Atlantik Selatan pada Agustus 2021 menjadi pertanyaan besar. Apalagi tsunami itu menyebar bak jamur sejauh 10.000 kilometer. Foto/ Ist/NOAA Center for Tsunami Research
A A A
MISTERI Tsunami yang muncul di Samudra Atlantik Selatan pada Agustus 2021 menjadi pertanyaan besar. Apalagi tsunami itu menyebar bak jamur sejauh 10.000 kilometer melalui Atlantik Utara, Pasifik, dan Samudra Hindia.

Ini adalah pertama kalinya tsunami yang tercatat terjadi di 3 samudra berbeda sejak gempa bumi Samudra Hindia pada tahun 2004. Para ilmuwan baru mengetahui sekarang misteri yang menyebabkan gelombang tsunami itu bisa menyebar ribuan kilometer di 3 samudra.

Gelombang tsunami itu dipicu gempa bumi berkekuatan 7,5 skala richter yang berpusat 47 kilometer di bawah dasar laut. Sebenarnya pusat gempat terlalu dalam untuk memicu tsunami besar, bahkan diperkirakan tidak cukup untuk menimbulkan gelombang yang relatif kecil antara 15 dan 75 sentimeter.



Namun ternyata, tsunami bukan dipicu oleh satu gempa itu saja. Data seismologi menunjukkan sebenarnya ada serangkaian lima sub-gempa berkekuatan 7,5 skala richter. Serangkaian gempa bumi ini mengakibatkan gemuruh yang jauh lebih besar, apalagi lokasinya lebih dangkal sehingga menyebabkan tsunami global.

Bahkan gempa bumi ketiga yang 'tak terlihat' ini terjadi hanya 15 kilometer di bawah permukaan bumi dengan kekuatan 8,2 skala richter. "Peristiwa ketiga ini spesial karena sangat besar dan tidak bersuara. Bahkan hampir tidak terlihat," jelas seismolog Zhe Jia dari California Institute of Technology dikutip SINDOnews dari laman Sciencealert, Rabu 99/2/2022).

Meneliti data seismologi ke dalam periode yang lebih lama dari 500 detik, Zhe Jia dan peneliti lain mampu mengungkapkan keberadaan gempa dangkal dan lambat yang belum pernah terlihat sebelumnya.



Mereka menemukan gemuruh selama 3 menit yang memecahkan bagian antarmuka lapisan bumi sepanjang 200 kilometer. Secara keseluruhan, peristiwa yang satu ini menghasilkan lebih dari 70 persen dari total momen seismik yang terekam.

"Jadi, gempa South Sandwich Island merupakan gabungan dari retakan dalam dan slip tsunamigenik lambat. Ini menjelaskan kombinasi yang tidak biasa dari kedalaman yang relatif besar dan tsunami yang diamati secara global," tutur Jia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2044 seconds (0.1#10.140)