China Bangun Kapal Selam Misterius, Bentuknya Aneh Tanpa Menara Pengawas

Rabu, 09 Februari 2022 - 16:51 WIB
loading...
China Bangun Kapal Selam Misterius, Bentuknya Aneh Tanpa Menara Pengawas
China tampaknya sedang membangun dan mengembangkan kapal selam khusus yang terkesan misterius. Foto/Bulgarian Military
A A A
BEIJING - China tampaknya sedang membangun dan mengembangkan kapal selam khusus yang terkesan misterius. Dari sejumlah foto dan video yang beredar di jejaring sosial pada 8 Februari 2022, kapal selam misterius milik China ini diperkirakan bertenaga diesel lisrik.

Kapal selam ini punya desain yang tidak lazim karena tidak memiliki menara pengawas (conning tower ) yang biasa ditemukan pada kapal selam. Untuk itu para pengamat militer menyebut kapal selam itu sebagai kapal selam tanpa layar.

Bentuk ini mengingatkan pada kapal selam tanpa layar yang dibangun China untuk Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN) yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2018 di Jiangnan Shipyard. Penampakan kembali kapal selam misterius ini menunjukkan bahwa China menginvestasikan dana yang signifikan untuk pembangunan kekuatan militernya.



Para ahli memperkirakan panjangnya sekitar 160 kaki atau lebih dari 48 meter. Sebagai perbandingan, kapal selam China Type 039A memiliki panjang 250 kaki atau 76 meter. Namun, belum ada keterangan resmi apakah itu kapal selam yang sama seperti pertama kali ditunjukkan pada tahun 2018.

HAI Sutton, penulis, analis, dan spesialis kapal selam mengatakan, kapal selam ini diperkirakan memiliki lambung tunggal dan merupakan bukti kapal selam ini tidak terkait dengan Tipe 039A. Sutton juga mencatat kapal selam tanpa layar bertenaga diesel-listrik ini memiliki unit mesin selam yang dipasang di casing depan.

“Desainnya tampak terkait dengan kapal selam tanpa layar. Layarnya sangat menyatu dan memiliki profil yang tidak biasa, tetapi tidak seperti beberapa model yang ditunjukkan dalam pameran pertahanan China, misalnya desain CSIC MS200,” kata Sutton dikutip SINDOnews dari laman Bulgarian Military, Rabu (9/2/2022).


China Bangun Kapal Selam Misterius, Bentuknya Aneh Tanpa Menara Pengawas


Secara umum, sangat sedikit yang diketahui tentang kapal selam China yang baru ini. Namun, penampakan ini memperkuat fakta bahwa Beijing banyak berinvestasi dalam kapal selam konvensional yang lebih kecil, serta dalam proyek-proyek bertenaga nuklir yang lebih besar.

“Perhatikan bahwa dua garis putih di sepanjang layar kemungkinan besar hanya cat trim sebelum commissioning. Ini biasanya terlihat pada kapal selam baru China,” tambah Sutton.

Perkembangan terbaru mengikuti penampilan versi baru kapal selam kelas Yuan, yang dikenal di Barat sebagai Tipe 039C. Fitur utama dari desain ini adalah desain layar yang direvisi dibandingkan dengan kapal jenis 039 lainnya. Desain ini mungkin dipilih untuk meningkatkan karakteristik siluman atau untuk memuat sonar atau sistem komunikasi, atau kombinasi keduanya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3420 seconds (0.1#10.140)