Hidup Sezaman dengan Dinosaurus, Buaya Purba Ini Punya Gigi Setajam Pisau

Rabu, 09 Februari 2022 - 20:31 WIB
loading...
Hidup Sezaman dengan Dinosaurus, Buaya Purba Ini Punya Gigi Setajam Pisau
Buaya purba yang hidup 240 tahun lalu selama periode Trias, memiliki ukuran tubuh besar sekitar 5 meter dan gigi setajam pisau. Foto/Live Science
A A A
LONDON - Buaya purba yang hidup 240 tahun lalu selama periode Trias, memiliki ukuran tubuh besar sekitar 5 meter dan gigi setajam pisau. Fosil buaya purba merupakan Archosaur yang ditemukan di Cekungan Ruhuhu di Tanzania barat pada tahun 1963.

Buaya purba dalam bahasa Kiswahill diberi nama Mambawakale ruhuhu atau "buaya purba dari Cekungan Ruhuhu". Berukuran lebih dari 5 meter panjang dari moncong ke ekor, Archosaur merupakan pemangsa yang sangat besar dan menakutkan selama periode Trias.

“Predator puncak ini berjalan dengan empat kaki dan punya ekor yang panjang. Ini salah satu predator terbesar dari periode Trias Tengah [247 juta hingga 237 juta tahun yang lalu] atau sekitar waktu yang sama ketika dinosaurus pertama muncul," kata Richard Butler, seorang profesor paleobiologi Universitas Birmingham, Inggris, kepada Live Science dikutip SINDOnews, Rabu (9/2/2022).

Baca juga; Mengenal Tradisi Suku Sepik, Menyayat Kulit untuk Mengambil Kekuasaan Buaya

Ahli paleontologi membutuhkan waktu hampir 60 tahun sejak ditemukan pertama kali pada 1963 untuk menyusun ulang fosil buaya purba ini dengan tepat. Selama ekspedisi, para ilmuwan, sebagian besar dari Inggris, sangat bergantung pada Tanzania dan Zambia untuk menemukan hotspot fosil, menemukan fosil, membangun jalan ke situs dan mengangkut fosil dari lapangan.

Kemudian, fosil-fosil buaya purba itu dibawa dari Cekungan Ruhuhu di Tanzania barat daya ke Museum Sejarah Alam di London, Inggris. Di sini fosil yang ditemukan disusun kembali dan di analisis para ilmuwan.
Hidup Sezaman dengan Dinosaurus, Buaya Purba Ini Punya Gigi Setajam Pisau


Satu spesimen dijuluki Pallisteria angustimentum oleh ahli paleontologi Inggris Alan Charig (1927-1997). Tengkorak binatang ini berukuran panjang 75 sentimeter serta tulang rahang bawah yang terawetkan dan tangan kiri yang cukup lengkap. Namun, Charig tidak mendeskripsikan penemuan itu secara resmi.

Jadi, ketika Butler dan rekan-rekannya memeriksa spesimen beberapa dekade kemudian, mereka memilih nama Mambawakale ruhuhu dari bahasa Kiswahili untuk secara formal mengakui kontribusi Tanzania.

Baca juga; Ini Fosil Buaya Modern Berusia 155 Juta Tahun, Punya 30 Gigi Tajam dan Berat 500 Kg

"Hasil utama kami adalah pengakuan formal Mambawakale sebagai spesies baru untuk pertama kalinya," kata Butler, yang bersama dengan John Lyakurwa, seorang ahli neoherpetologi Tanzania di Universitas Dar es Salaam di Tanzania, membantu memberi nama archosaur.
Hidup Sezaman dengan Dinosaurus, Buaya Purba Ini Punya Gigi Setajam Pisau


Mambawakale ruhuhu adalah salah satu archosaurs awal terbesar yang diketahui, kelompok yang muncul setelah kepunahan Permian akhir sekitar 252 juta tahun yang lalu. Klad archosaur termasuk burung hidup dan buaya, serta pterosaurus punah dan dinosaurus nonavian.

“Ketika Mambawakale ruhuhu masih hidup selama Trias Tengah, archosaurs benar-benar mulai melakukan diversifikasi untuk pertama kalinya," kata Butler. Studi ini dipublikasikan secara online Rabu 9 Februari 2022 di jurnal Royal Society Open Science.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1162 seconds (10.177#12.26)