Burung Terbesar di Dunia yang Masih Hidup hingga Sekarang No 2 Berasal dari Indonesia

Kamis, 10 Februari 2022 - 05:03 WIB
loading...
A A A
Burung kasuari memiliki berat sekitar 76 kg dan tinggi sekitar 1,7 meter. Burung ini dikenal sebagai salah satu burung paling berbahaya di dunia. Kakinya yang kuat dilengkapi kuku yang besar dan tajam sering digunakan untuk menyerang siapapun yang dianggap menganggu.

3. Emu

Emu merupakan burung terbesar di dunia yang berasal dari Australia. Dibandingkan dengan burung unta, emu memang lebih kecil, beratnya hanya sekitar 55 kg, dan tingginya 1,5 meter. Ukuran burung emu betina lebih besar, yaitu sekitar 1,9 meter.

Burung emu tidak dapat terbang, namun seperti burung unta, keduanya mampu berlari cepat. Burung emu mampu berlari sekitar 48 kilometer per jam menggunakan kaki besar dengan tiga jari yang kuat dan sayap kecil yang membantu mereka berlari lebih stabil.

4. Pinguin kaisar

Siapa yang tidak menyukai burung lucu yang tidak dapat terbang ini? Pinguin dikenal sebagai burung besar yang menggemaskan. Mereka hidup di Antartika, dan mampu bertahan di suhu yang sangat dingin tersebut.

Pinguin kaisar (Aptenodytes forsteri), dikenal sebagai salah satu burung terbesar dengan bobot 40 kg, dan tinggi mencapai 1,1 meter.

Meskipun tidak dapat terbang, pinguin merupakan burung penyelam yang handal. Mereka dapat menyelam hingga kedalaman lebih dari 550 meter dan mampu bertahan di dalam air hingga 20 menit lamanya.

Ada salah satu kebiasaan unik yang dimiliki oleh pinguin. Di dalam masa kawin, pinguin jantan dapat kehilangan berat hingga 15 kg karena mereka tidak makan apapun selama menjaga telur-telur Pinguin dari suhu dingin yang ekstrim.

5. Rhea besar
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3195 seconds (0.1#10.140)