Stephen Hawking Tinggalkan Misteri Ini, Belum Terpecahkan Ilmuwan Selama 42 Tahun

Senin, 14 Februari 2022 - 15:16 WIB
loading...
Stephen Hawking Tinggalkan Misteri Ini, Belum Terpecahkan Ilmuwan Selama 42 Tahun
Stephen Hawking meninggalkan coretan teori di papan tulis yang masih terjaga hingga kini. Foto/Isidora Boiovic/Science Museum Group
A A A
LONDON - Stephen Hawking meninggalkan coretan teori di papan tulis yang masih terjaga hingga kini. Coretan berisi teori-teori aneh yang ditulis pada tahun 1980 itu belum bisa dipecahkan oleh ilmuwan hingga saat ini.

Menurut The Guardian, coretan di papan tulis itu dibuat Stephen Hawking ketika bergabung dengan sesama fisikawan di sebuah konferensi tentang superspace dan supergravitasi di University of Cambridge di Inggris.

Saat mencoba memunculkan "theory of everything" kosmologis, Hawking menggunakan papan tulis itu dengan sejumlah teori persamaan yang menggabungkan aturan relativitas umum dan mekanika kuantum.
Selanjutnya, Hawking mengisinya dengan campuran persamaan setengah jadi yang membingungkan dan coretan teori yang tidak dapat dipahami para ilmuwan.



Kini papan tulis yang berisi teori-teori membingungkan itu baru saja dipamerkan kepada publik untuk pertama kalinya sebagai pusat pameran baru di kantor Hawking , yang dibuka 10 Februari di Science Museum of London.



Museum ini akan menyambut fisikawan dan teman-teman Hawking dari seluruh dunia dengan harapan mereka dapat menguraikan beberapa corat-coret yang ditulis tangan.

Misalnya, apa yang dimaksud dengan "stupor symmetry"? Siapa orang Mars berjanggut lebat yang digambar besar di tengah papan tulis? Mengapa ada cumi-cumi berhidung pesek yang memanjat dinding bata?



Apa yang tersembunyi di dalam kaleng berlabel "Exxon supergravity?" Mudah-mudahan, para pemikir hebat matematika dan fisika di dunia dapat menemukan jawaban dari semua teori tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3154 seconds (0.1#10.140)