Ini Galaksi Terbesar, Alcyones Berukuran 153 Kali dari Bima Sakti

Minggu, 20 Februari 2022 - 06:55 WIB
loading...
Ini Galaksi Terbesar, Alcyones Berukuran 153 Kali dari Bima Sakti
Galaksi Alcyones disebut para ilmuwan sebagai galaksi terbesar terletak di 3 miliar tahun cahaya dan panjang sekitar 16,3 juta tahun cahaya. Foto/ScienceAlert
A A A
GALAKSI Alcyones disebut para ilmuwan sebagai galaksi terbesar terletak di 3 miliar tahun cahaya dan panjang sekitar 16,3 juta tahun cahaya. Ukuran ini sekitar 153,77 kali ukuran Galaksi Bima Sakti yang besarnya di bawah 106.000 tahun cahaya.

Galaksi Alcyoneus ini merupakan galaksi radio raksasa terbesar yang diketahui di alam semesta yang masih menjadi misteri belum terpecahkan para ilmuwan. Galaksi berukuran masif ini, dan banyak yang serupa, berisi galaksi induk, serta pancaran dan lobus masif yang meletus dari pusat galaksi.

Para ilmuwan percaya bahwa pancaran dan lobus ini adalah produk sampingan dari lubang hitam supermasif aktif di pusat galaksi. Dengan demikian, galaksi besar ini adalah beberapa yang paling menarik yang ditemukan di luar angkasa.

Baca juga; Ilmuwan Temukan Lubang Hitam Superbesar, Ungkap Sejarah Galaksi Bima Sakti

Meskipun ukuran Alcyoneus sangat masif, namun jenis lobus radio yang dipancarkannya cukup normal. Hal yang paling misterius tentang galaksi seperti Alcyoneus adalah bagaimana mereka tumbuh begitu besar.

Dalam peneliti yang diterbitkan dalam makalah Astronomi & Astrofisika, astronom Martijn Oei mengatakan bahwa Alcyoneus dapat membantu ilmuwan lebih memahami galaksi radio secara keseluruhan.

“Jika ada karakteristik galaksi induk yang merupakan penyebab penting bagi pertumbuhan galaksi radio raksasa, maka induk galaksi radio raksasa terbesar yang kemungkinan memilikinya,” kata Oei kepada ScienceAlert yang dikutip SINDOnews, Minggu (20/2/2022).
Ini Galaksi Terbesar, Alcyones Berukuran 153 Kali dari Bima Sakti


Tim peneliti sedang mencari outlier dalam data yang disusun oleh Low Frequency Array (LOFAR) di Eropa ketika menemukan galaksi terbesar Alcyones. Selama studi mereka, mereka menghapus sumber radio kompak dari gambar.

Baca juga; Astronom Melacak Pergerakan 10.000 Galaksi untuk Proyeksikan Jalur Orbit Superkluster

Ini membantu mendeteksi lobus radio dan mengoreksi distorsi optik apa pun. Hasilnya, kata para peneliti, adalah pencarian paling sensitif yang pernah mereka susun untuk lobus galaksi radio. Itu juga cara mereka menemukan Alcyoneus.

Setelah penemuan awalnya, para peneliti terus memproses data seputar Alcyoneus. Menurut penelitian, galaksi terbesar yang diketahui dikelilingi oleh jaring kosmik lebih dari 240 miliar kali massa Matahari. Selain itu, mereka percaya lubang hitam supermasif di pusatnya sekitar 400 juta kali massa Matahari.

Namun, menemukan galaksi terbesar yang diketahui di alam semesta hanya membawa lebih banyak pertanyaan. Bagaimana galaksi-galaksi ini terbentuk? Apakah ada galaksi yang lebih besar di luar sana? Dan berapa banyak Alcyoneus akan tumbuh di tahun-tahun mendatang?
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1419 seconds (10.177#12.26)