Sempat Dikuasai Rusia, Jet Kargo Terbesar di Dunia An-225 Direbut Kembali Ukraina

Jum'at, 25 Februari 2022 - 17:43 WIB
loading...
Sempat Dikuasai Rusia, Jet Kargo Terbesar di Dunia An-225 Direbut Kembali Ukraina
Perang Rusia Ukraina yang berkobar membuat jet kargo terbesar di dunia Antonov An-22 jadi salah satu aset yang direbutkan. Foto/The War Zone
A A A
KIEV - Perang Rusia Ukraina yang berkobar membuat jet kargo terbesar di dunia Antonov An-225 jadi salah satu aset yang direbutkan. Pesawat Antonov An-225 dikabarkan jatuh ke tangan Rusia, setelah berhasil menguasai Antonov International Airport, barat laut Ibu Kota Ukraina, Kiev.

Pesawat An-225 Mriya (Mimpi) berbasis di Antonov International Airport atau lebih dikenal sebagai Bandara Hostomel, karena berada di wilayah Hostomel. Bandara Hostomel merupakan pusat kargo komersial milik perusahaan pembuat pesawat Antonov, yang dikelola anak perusahaan Antonov Airlines.

Ketika Rusia melancarkan serangan, Bandara Hostomel dikepung belasan helikopter tempur Rusia, seperti Mi-8. Rekaman video yang dipublikasikan ke media sosial dilaporkan Bandara Hostomel tempat An-225 Mriya bermarkas diselimuti awan asap hitam membubung.



Reporter CNN Matthew Chance dari lokasi bandara, mengatakan bahwa komandan unit udara Rusia mengkonfirmasi kepadanya bahwa mereka telah mengambil alih Bandara Hostomel. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky juga mengkonfirmasi bahwa Ukraina telah kehilangan kendali atas bandara yang menjadi rumah bagi An-225 Mriya.

Reuters melaporkan sebelumnya bahwa para pejabat Ukraina mengatakan telah menjatuhkan tiga helikopter Rusia ketika menyerang bandara Hostomel. Ada juga klaim bahwa landasan pacu di bandara telah rusak, tetapi masih belum terkonfirmasi.
Sempat Dikuasai Rusia, Jet Kargo Terbesar di Dunia An-225 Direbut Kembali Ukraina


Menurut FlightAware.com, An-225 dipastikan berada di bandara Hostomel setelah terbang dari Billund, Denmark tiga minggu lalu. Saat penyerangan, An-225 merupakan satu-satunya pesawat yang sedang berada di bandara Hostomel.



Dikutip SINDOnews dari laman The War Zone, Jumat (25/2/2022), Dmytro Antonov, Kapten Antonov Airlines, melalui postingan ke media sosial menyatakan bahwa meskipun bandara jatuh ke pasukan Rusia, Mriya tetap "utuh." Tidak jelas apakah ini berarti sama sekali tidak rusak atau apakah itu berarti pesawat tetap utuh atau tidak.

Beberapa jam setelah Bandara Hostomel jatuh ke tangan Rusia, Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan bahwa pertempuran masih berlanjut di sana. Pasukan Ukraina telah berhasil mencegah pasukan tambahan Rusia untuk mendarat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2266 seconds (0.1#10.140)