Ada 4,4 Juta Galaksi di Foto Ini, Indah Banget!

Rabu, 02 Maret 2022 - 09:20 WIB
loading...
Ada 4,4 Juta Galaksi di Foto Ini, Indah Banget!
Foto ini menampilkan 4,4 juta Galaksi dengan ukuran data yang bisa ditampung 20.000 laptop. Foto: dok Universitas Durham
A A A
JAKARTA - Jumlah bintang di langit lebih banyak dibandingkan butiran pasir yang ada di bumi. Karena itu, para ilmuwan terus berupaya mencari dan meneliti misteri dari alam semesta.

Salah satunya, yang terlihat di foto ini. Ada 4,4 juta galaksi yang tertangkap dalam satu foto. Foto tersebut diterbikan oleh para ilmuwan di Universitas Durham. Mereka berhasil menunjukkan gambar jutaan galaksi dan obyek luar angkasa yang sangat detail.

Yang unik, dari 4,4 juta galaksi yang ditangkap dalam foto tersebut memiliki lubang hitam besar atau black hole. Juga, menghasilkan bintang baru dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Menurut para ilmuwan, sebagian besar bintik cahaya yang terlihat dalam gambar tersebut berjarak miliaran tahun cahaya dari Bumi.

BACA JUGA: Veon Serba Salah, Operator Telekomunikasi Terbesar di Ukraina dan No 2 Rusia

Beberapa objek langka yang ditangkap dalam gambar termasuk galaksi yang bertabrakan dan bintang yang menyala di Bima Sakti.

Ada 4,4 Juta Galaksi di Foto Ini, Indah Banget!

Bagaimana caranya untuk menangkap demikian banyak galaksi dalam satu foto? Para ilmuwan menggunakan teleskop radio Eropa dan menghabiskan waktu 3.500 jam. Begitu besarnya, hingga data yang digunakan cukup untuk mengisi 20.000 laptop.

Ini karena banyaknya obyek yang direkam. Mereka menemukan hampir satu juta objek baru.

”Setiap kali kami melakukan pemetaan, layar kami dipenuhi dengan penemuan dan obyek baru yang belum pernah dilihat oleh mata manusia,” beber astronom Timothy Shimwell dari ASTRON dan Universitas Leiden.

”Gambar ini hanya 27% dari keseluruhan survei dan kami berharap akan mengarah pada lebih banyak terobosan ilmiah di masa depan,” ujarnya.

”Lewat penelitian ini kami membuka pintu terhadap penemuan baru, dimana kami bisa memproses data dengan resolusi yang 20 kali lebih baik,” tambah ilmuwan Universitas Durham Dr Leah Morabito.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1507 seconds (10.101#12.26)