Ini 4 Jenis Anaconda di Alam Liar, Benarkah Suka Memangsa Manusia?

Kamis, 03 Maret 2022 - 19:53 WIB
loading...
Ini 4 Jenis Anaconda di Alam Liar, Benarkah Suka Memangsa Manusia?
Anaconda merupakan ular terbesar di dunia dan dikenal karena kemampuan berenang yang baik. Foto/worldLandTrust
A A A
Anaconda adalah ular yang sanggup hidup di dalam air yang ditemukan di hutan tropis Amerika Selatan, seperti di Amazon . Anaconda merupakan ular terbesar di dunia dan dikenal karena kemampuan berenang yang baik.

Anaconda secara umum berasal dari genus Eunectes, genus boa. Eunectes dalam bahasa Yunani berarti "perenang yang baik". Menurut Bill Heyborne, seorang herpetologis dan profesor biologi di Southern Utah University, ada empat spesies Anaconda di alam liar.

Keempat spesies itu, adalah Anaconda Hijau, Anaconda Kuning atau Paraguay, Anaconda berbintik gelap, dan Anaconda Beni atau Bolivia. “Mereka dapat dibedakan satu sama lain secara genetik, tetapi juga berdasarkan ukuran dan jangkauan geografis mereka," kata Heyborne dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Kamis (3/3/2022).



Anakonda hijau (Eunectes murinus), sesuai namanya, memiliki warna coklat kehijauan, zaitun, atau abu-abu kehijauan. Biasanya memiliki bintik-bintik berbentuk telur hitam atau coklat di bagian tengah hingga belakang tubuhnya. Sisi tubuhnya terkadang lebih kuning daripada hijau dengan bintik-bintik berbentuk telur dengan pusat kuning.

Panjang maksimum (yang terferivikasi) Anaconda sekitar 9 meter, tapi rata-rata panjangnya sekitar 6 meter. Ukuran rata-rata Anaconda betina sekitar 4,5 meter dan jantan sekitar 2,7 meter. Bobotnya juga belum diketahui secara pasti,sekitar 250 kilogram, tetapi rata-rata antara 45 dan 68 kg.
Ini 4 Jenis Anaconda di Alam Liar, Benarkah Suka Memangsa Manusia?


Anaconda kuning (Eunectes notaeus) memiliki warna kuning, cokelat keemasan, atau kuning-hijau dengan bercak, bintik, garis, dan pita punggung hitam atau coklat tua. Setiap ular memiliki pola unik sisik kuning dan hitam di bagian bawah ekornya. Panjang rata-rata sekitar 2,7 meter.



Sedangkan Anaconda Bolivia atau Beni (Eunectes beniensis) tidak banyak yang diketahui karena sejak lama dianggap sebagai hibrida dari Anaconda Kuning dan Anaconda Hijau. Menurut World Atlas, warnanya mirip dengan Anaconda Hijau.

Terakhir, Anaconda Bintik Gelap (Eunectes deschauenseei) memiliki tanda bintik-bintik coklat tua atau hitam pada latar belakang coklat dan tumbuh sekitar 2,7 meter. Menurut Sciencing warna dan ukuran Anaconda tergantung pada spesiesnya untuk bisa berbaur dengan sungai tropis dan hutan hujan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1577 seconds (0.1#10.140)