Minggu, 06 Maret 2022 - 17:31 WIB
Stegosaurus Berkepala Kecil Dinosaurus Tertua, Punya Ekor Panjang Berduri
Stegosaurus berkepala mungil ini diklaim sebagai dinosaurus paling tua hidup pada periode Jurassic Tengah sekitar 174,1 juta hingga 163,5 juta tahun lalu. Foto/Live Science/Banana Art Studio
BEIJING - Stegosaurus berkepala mungil ini diklaim sebagai dinosaurus paling tua hidup pada periode Jurassic Tengah sekitar 174,1 juta hingga 163,5 juta tahun lalu. Dari sisa-sisa fosil yang ditemukan Stegosaurus ini ekor panjang berduri dan tulang belakang yang besar.

Ini merupakan dinosaurus lapis baja spesies baru yang disebut Bashanosaurus primitivus yang ditemukan di China. Sebagai salah satu stegosaurus tertua yang pernah tercatat, penemuan ini menambah lebih banyak bukti bahwa dinosaurus pemakan tumbuhan berasal dari Asia.

"Bashanosaurus primitivus adalah salah satu catatan Stegosauria paling awal di dunia sejauh ini," kata pemimpin penelitian Ning Li, seorang ilmuwan di Laboratorium Perlindungan dan Penelitian Geoheritage Chongqing di China, kepada Live Science dikutip SINDOnews, Minggu (6/3/2022).

Penemuan sisa-sisa Bashanosaurus primitivus dimulai pada tahun 2015, ketika seorang penggembala bernama Zheng Zhou menemukan batu seperti tulang di Chongqing, di tenggara China. Dia melaporkan temuan itu kepada Ning Li, yang menegaskan bahwa "batu" itu sebenarnya adalah fosil dinosaurus.

Setelah menggali situs di Desa Laojun selama dua tahun, Li dan rekan-rekannya menemukan bermacam-macam tulang dinosaurus yang luar biasa, Diperkirakan ada sekitar 5.000 secara keseluruhan, termasuk fosil-fosil milik stegosaurus yang baru dideskripsikan.

"Ini seperti tempat saya bekerja di Monumen Nasional Dinosaurus [di Utah], di mana mereka mendapatkan banyak jenis dinosaurus yang diawetkan dalam satu lapisan tulang raksasa," ReBecca Hunt-Foster, ahli paleontologi di Monumen Nasional Dinosaurus yang tidak terlibat dalam studi tersebut.

Tim ilmuwan menamai binatang herbivora berusia 168 juta tahun Bashanosaurus untuk "Bashan," nama kuno Chongqing, dan primitivus, yang merupakan bahasa Latin untuk "pertama." Selama masa hidupnya, Bashanosaurus primitivus berukuran lebih dari 2,8 meter, diukur dari moncong hingga ekor. “Ini sedikit lebih kecil dari stegosaurus selanjutnya,” kata Hunt-Foster.
Stegosaurus Berkepala Kecil Dinosaurus Tertua, Punya Ekor Panjang Berduri

Berdasarkan analisis sedimen di mana Bashanosaurus primitivus ditemukan, tim ilmuwan menentukan bahwa stegosaurus hidup di delta di tepi danau dangkal selama musim kemarau yang panas. Binatang purba itu bergabung dengan semakin banyak stegosaurus yang dikenal.

Dinosaurus ini, di mana ada 14 spesies yang diketahui, hidup di setiap benua kecuali Antartika dan Australia. Spesies baru ini memiliki beberapa perbedaan dari kerabatnya – termasuk dasar pelat pelindungnya, yang lebih tebal dan melengkung ke luar, tidak seperti pelat di punggung kerabat selanjutnya, kata Li.

"Bashanosaurus dapat dibedakan dari stegosaurus Jurassic Tengah lainnya, dan jelas merupakan spesies baru. Namun, itu memang memiliki kesamaan dengan beberapa dinosaurus lapis baja pertama, yang berusia lebih dari 20 juta tahun," kata Ning Li

Stegosaurus paling awal yang diketahui, Chungkingosaurus (Chongqing "kadal") dan Huayangosaurus (Huayang "kadal"), juga berasal dari Formasi Shaximiao Jurassic Tengah hingga Akhir di China. Menurut Ning Li, ini mengisyaratkan bahwa stegosaurus berasal dari Asia.